Pages

Penjelasan dan Perbedaan 5 (Lima) Mesin Kecerdasan STIFIn

Konsep STIFIn membagi belahan otak manusia menjadi 5 (lima) belahan otak. Lima Belahan otak itu adalah Limbic Kiri, Neocortex Kiri, Neocortex Kanan, Limbic Kanan, dan Otak Tengah (hindbrain). Masing-masing belahan otak menunjukkan tipe Kecerdasan genetik tersendiri yang berbeda satu sama lain. STIFIn menyebut tipe Kecerdasan genetik ini dengan istilah 'MESIN' Kecerdasan genetik (disingkat MK).

Berikut adalah ciri-ciri utama dari 5 Mesin Kecerdasan genetik:
(ciri-ciri lain yang lebih detail akan saya tulis di artikel terpisah):

Lima Belahan Otak - Lima Mesin Kecerdasan

Mesin Kecerdasan SENSING
  1. Belahan Otak yang dominan pada orang Sensing berada di LIMBIC KIRI.
  2. Orang Sensing dalam mempertimbangkan sesuatu, mengambil keputusan (juga tindakan) menggunakan PANCA INDRA.
  3. Sehingga mereka REALISTIS dan PRAKTIS.
  4. REALISTIS maksudnya orang Sensing mempertimbangkan dan mengambil keputusan berdasarkan fakta yang bisa diindra dan berdasarkan pengalaman. Sehingga di sisi lain, dia tidak bisa membayangkan masa depan atau sesuatu yang tidak dapat diindra. Akibatnya, ia disebut orang Masa Kini.
  5. PRAKTIS artinya orang Sensing lebih menyukai kegiatan seperti aksi/terjun langsung ke lapang dan implementasi teori, daripada membayangkan konsep atau gagasan. Sehingga di sisi lain ia tidak kreatif.
  6. Kelemahan terbesar MK Sensing berada pada MK di diagonal seberangnya, yakni MK Intuiting. Artinya, orang Sensing lemah pada keunggulan yang dimiliki orang Intuiting. 

Mesin Kecerdasan THINKING
  1. Belahan Otak yang dominan pada orang Thinking berada di NEOCORTEX KIRI.
  2. Orang Thinking dalam mempertimbangkan sesuatu, mengambil keputusan (juga tindakan) menggunakan AKAL (pikiran).
  3. Sehingga mereka RASIONAL dan OBYEKTIF.
  4. RASIONAL maksudnya orang Thinking mempertimbangkan alasan-alasan secara konsisten. Orang Thinking baru percaya jika suatu hal itu masuk akal, memiliki hubungan sebab-akibat yang logis, atau ada data yang mendukung sehingga dia bisa mengolah data tersebut menjadi suatu keputusan yang dapat dinalar. Sehingga di sisi lain, ia menjadi tidak peka terhadap perasaan orang lain.
  5. OBYEKTIF artinya orang Thinking menilai sesuatu secara adil dan tegas, mana benar dan salah berdasarkan obyeknya, tidak bergantung pada subyektivitas dirinya sebagai penilai. Sehingga di sisi lain, ia menjadi kaku dan tidak toleran.
  6. Kelemahan terbesar MK Thinking berada pada MK di diagonal seberangnya, yakni MK Feeling. Artinya, orang Thinking lemah pada keunggulan yang dimiliki orang Feeling.

Mesin Kecerdasan INTUITING
  1. Belahan Otak yang dominan pada orang Intuiting berada di NEOCORTEX KANAN.
  2. Orang Intuiting dalam mempertimbangkan sesuatu, mengambil keputusan (juga tindakan) menggunakan INDRA KEENAM yakni intuisi.
  3. Sehingga mereka TEORITIS dan TERKONSEP.
  4. TEORITIS maksudnya orang Intuiting dalam mempertimbangkan atau mengambil keputusan berdasarkan teori/idealnya, tidak berdasarkan fakta di lapangan. Pertimbangannya juga jauh ke masa depan (sehingga disebut orang masa depan). Sehingga di sisi lain, dia tidak realistis.
  5. TERKONSEP artinya orang Intuiting lebih menyukai kegiatan seperti membayangkan konsep atau membuat gagasan/ide/teori, daripada implementasi teori. Sehingga di sisi lain, ia tidak aplikatif.
  6. Kelemahan terbesar MK Intuiting berada pada MK di diagonal seberangnya, yakni MK Sensing. Artinya, orang Intuiting lemah pada keunggulan yang dimiliki orang Sensing.

Mesin Kecerdasan FEELING
  1. Belahan Otak yang dominan pada orang Feeling berada di LIMBIC KANAN.
  2. Orang Feeling dalam mempertimbangkan sesuatu, mengambil keputusan (juga tindakan) menggunakan HATI (perasaan).
  3. Sehingga mereka EMOSIONAL dan SUBYEKTIF.
  4. EMOSIONAL maksudnya pertimbangan orang Feeling dipengaruhi oleh emosi. Ia juga pandai memahami perasaan orang. Sehingga di sisi lain, dia tidak rasional.
  5. SUBYEKTIF artinya orang Feeling menilai sesuatu tidak berdasarkan obyeknya tapi lebih berdasarkan subyektivitas dirinya sebagai penilai sehingga tidak kaku mana benar dan salah tapi lebih toleran. Sehingga di sisi lain dia tidak tegas.
  6. Kelemahan terbesar MK Feeling berada pada MK di diagonal seberangnya, yakni MK Thinking. Artinya, orang Feeling lemah pada keunggulan yang dimiliki Thinking.

Mesin Kecerdasan INSTINCT (insting)
  1. Belahan Otak yang dominan pada orang Instinct berada di OTAK TENGAH (hindbrain).
  2. Orang Insting adalah orang yang berbasis INDRA KETUJUH yakni naluri/firasat.
  3. Sehingga mereka SPONTAN.
  4. SPONTAN maksudnya orang Instinct dalam berbuat mendasarkan pada naluri sehingga keputusan dan perbuatannya adalah aksi seketika/spontan tanpa perlu pertimbangan. Akibatnya, dia sangat cepat merespon kejadian (responsif).
  5. Keunggulan sekaligus kelemahan orang Instinct adalah pada kemampuan SERBA BISA yang dimilikinya. Namun keserbabisaannya itu bersifat tanggung tidak tuntas (hanya 50%) sehingga orang Instinct lebih cocok untuk jadi orang generalis. Berkat, keserbabisaannya itu pula orang Insting mudah menyesuaikan diri di manapun (adaptif). Keserbabisaannya ini bisa menjadi  kelemahan karena dia tidak bisa benar-benar menjadi ahli (spesialis 100%) seperti 4 MK yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Memahami Mesin Kecerdasan menjadi sangat bermanfaat karena dengan begitu kita bisa tahu bakat (potensi) apa yang seharusnya kita latih dan kembangkan. Dan dengan informasi tambahan berupa Lapisan Otak yang dominan (dalam atau luar), Konsep STIFIn masih membagi 5 MK ini menjadi 9 (sembilan) Personaliti Genetik (Kepribadian Genetik) berdasarkan Drive Kecerdasannya (introvert atau extrovert). 9 Personaliti Genetik (9 PG) ini akan saya bahas terpisah.

Anda bisa mengetahui jenis MK dan PG Anda melalui Tes Sidik Jari STIFIn. Silakan hubungi nomor WhatsApp 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991 untuk informasi lokasi Tes STIFIn di seluruh penjuru Indonesia.

4 comments:

  1. Info yang sangat bermanfaat, selalu menanti postingan berikutnya.

    ReplyDelete
  2. Thankyou atas pengetahuannya kak

    ReplyDelete
  3. Bisakah mengetahui nya hanya dengan cara melihat kelebihan dan kekurangannya dari kelima mk saja pada orang tersebut?

    ReplyDelete