Pages

Gambaran Ringkas 9 Personaliti Genetik STIFIn

Konsep STIFIn memetakan manusia menjadi 9 Personaliti Genetik (PG). Berikut adalah sedikit gambaran dan perbedaan penting dari masing-masing PG. Perbedaannya terletak pada 3 kata yang dicetak tebal, secara urut ketiga kata tersebut menunjukkan Kata Kunci, Bakat, dan Peranan masing-masing PG.

  1. SENSING introvert (Si): orang Si adalah orang yang suka bergerak, berpindah tempat, dan tidak bisa diam, mahir berakting/berperan, dan meniru. Bakatnya adalah Memory (ingatan) sehingga dia mahir dalam mengingat/menghapal. Peranan orang ini adalah sebagai Player (pemain) artinya dia lebih mampu untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan daripada merencanakan atau merancang pekerjaan di balik layar. Seperti petugas pelaksana, ia rela lembur menggunakan ototnya demi mendapatkan upah lembur. Jika orang ini sudah memiliki standar maka dia tidak akan mau menurunkan standarnya. Contoh: jika ingin upah minimal 10 juta maka dia akan menolak jika ada pekerjaan yang upahnya kurang dari itu. 
  2. SENSING extrovert (Se): orang Se adalah orang yang mahir melihat peluang artinya jika dia punya produk maka dia mahir menyalurkan produknya ke mana-mana dan sekaligus berbisnis dari satu proyek ke proyek lain. Bakatnya adalah Fisik sehingga memiliki otot merah yang kuat dan lentur. Orang Se adalah orang yang tercetak artinya ia mudah dibentuk dan dipengaruhi oleh lingkungannya sehingga ia memang perlu untuk memilih lingkungan bergaul yang baik. Peranan orang Se adalah sebagai Front Liner (garda depan) artinya ia lebih mampu untuk pekerjaan yang tampil di depan atau langsung berhubungan dengan customer. Berbeda dengan orang Si, meski orang ini memiliki standar, tapi ia bersedia untuk mengubah standarnya. Contoh: jika ia ingin gaji 10 juta namun hanya ada pekerjaan dengan gaji 7 juta maka ia bisa jadi menerima pekerjaan itu karena ada kompensasi lain seperti tempat kerja yang lebih dekat dengan rumah atau fasilitas lain.
  3. THINKING introvert (Ti): orang Ti adalah orang yang menalar secara mendalam sehingga ia mahir dalam menekuni satu bidang yang spesifik. Kalau dokter ya dokter spesialis, kalau engineer ya engineer yang keahliannya sangat spesifik. Bakatnya adalah Teknis sehingga sangat mahir dalam menganalisis sehingga ia akan tahu apa akar masalahnya. Peranan orang ini adalah sebagai Expert (Pakar) artinya lebih mampu dalam satu bidang yang spesifik. Orang ini dalam mempertimbangkan sesuatu selalu menghitung untung rugi untuk dirinya, atau apakah keputusan berdasarkan analisisnya menghasilkan dampak yang efektif atau tidak. Jika ia bekerja menjadi seorang pekerja profesional maka akan lebih bagus jika dia menjadi seorang konsultan. 
  4. THINKING extrovert (Te): orang Te adalah orang yang menalar secara meluas sehingga ia mahir dalam menalar secara logis yakni menghubungkan satu ilmu dengan ilmu lain, atau mempertimbangkan berdasarkan banyak hal. Ia tidak perlu menguasai satu ilmu secara mendalam, cukup luarnya saja namun harus banyak ilmu. Bakatnya adalah Logical (logika) sehingga pandai membuat hubungan sebab akibat. Peranan orang ini adalah sebagai Komandan. Semakin cepat dan semakin tepat dia mengambil keputusan maka dia semakin bagus jadi Komandan. Sebagai seorang Komandan, ia cocok untuk bekerja di perusahaan dan berpotensi untuk naik jabatan secara cepat karena memiliki managerialship yang bagus, yakni kemampuan mengelola dengan menggunakan pikiran (akal). Orang ini memandang sekelilingnya baik barang atau manusia sebagai sumber daya yang bisa ia kelola dan manfaatkan untuk tujuan tertentu dengan hasil yang berlipat ganda.
  5. INTUITING introvert (Ii): orang Ii adalah orang yang kreatif, dan sumber kreativitasnya murni berasal dari otaknya sendiri sehingga ide-idenya unik, orisinal, dan nyentrik sehingga orang lain kesulitan menerima idenya yang dianggap terlalu tinggi. Karena hal ini maka ia berpotensi jadi trend setter di lingkungannya. Bakatnya ialah Creativity (kreativitas) sehingga sangat mahir untuk membuat ide atau gagasan yang di luar kewajaran (out of the box). Peranan orang ini adalah sebagai Initiator (penggagas) sehingga lebih mampu untuk pekerjaan yang membutuhkan aktivitas memulai atau mengawali sesuatu, bahkan berbakat menjadi penemu yakni menemukan sesuatu dari yang belum ada menjadi ada. Dalam perusahaan, ia lebih cocok bekerja di bagian pengembangan produk (R&D) yang terus-menerus menciptakan produk yang lebih baik atau produk baru.
  6. INTUITING extrovert (Ie): orang Ie adalah orang yang kreatif, berbeda dengan Ii, sumber kreativitas orang Ie adalah rakitan dari ide otaknya sendiri dikolaborasi dengan inspirasi dari luar otaknya (lingkungan). Sehingga, meskipun idenya tidak terlalu unik seperti idenya orang Ii tapi idenya orang Ie lebih mudah diterima dan dipahami oleh banyak orang. Karena hal ini maka ia berpotensi memprediksi kecenderungan bisnis ke depan dan cocok jadi pengusaha. Bakatnya ialah Spatial (meruang, membayangkan tiga dimensi) sehingga ia mahir dalam membayangkan sesuatu dalam pikirannya tanpa perlu melihat wujud konkretnya. Peranan orang ini adalah sebagai Reformer (pembaharu) sehingga lebih mampu untuk pekerjaan yang membutuhkan aktivitas reformasi (merombak) atau pekerjaan yang membuat sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berbeda dengan Ii, dalam perusahaan, ia lebih cocok bekerja di bagian pengembangan (model) bisnis yang bertujuan mencari laba dari banyak jalan (monetisasi) dengan memanfaatkan segala aset yang dimiliki perusahaan.
  7. FEELING introvert (Fi): orang Fi adalah orang yang memiliki kekuatan emosional sehingga ia memancarkan pengaruh yang kuat dalam memimpin. Dalam memimpin, ia perlu menggunakan kharismanya dan bahkan tebar pesona sehingga dicintai banyak orang. Bakat orang ini adalah Emosional. Berkat kekuatan emosionalnya ia mudah disukai banyak orang. Bakat emosional ini dapat disepadankan dengan kecerdasan intrapersonal, yakni kecerdasan dalam mencari tahu dan berbicara dengan suara hatinya, perasaan, motivasi, nilai-nilai, dan tujuan. Peranan orang ini adalah sebagai Pemimpin (Leader). Berbeda dengan Te, orang Fi memiliki Leadership yang bagus yakni kemampuan mengelola menggunakan perasaan (hati) sehingga cocok untuk jadi pemimpin dalam lingkup yang lebih luas seperti presiden atau kepala daerah. Karena presiden perlu memiliki ikatan emosional dengan rakyatnya. Cinta milik orang Fi adalah cinta yang mendalam. Ia cukup mencintai satu orang namun cintanya sangat besar.
  8. FEELING extrovert (Fe): orang Fe adalah orang yang mahir dalam menjalin pertemanan dan berhubungan sosial. Untuk mencapai itu, ia perlu menangkap cinta orang lain atau pengikutnya (mencintai) sehingga orang lain merasa cintanya diterima dan tidak bertepuk sebelah tangan. Bakat orang ini adalah berhubungan sosial artinya ia sangat bagus dalam menjalin hubungan sosial dengan siapapun. Peranan orang ini adalah sebagai king maker (pencetak raja) dan sekaligus owner (pemilik), artinya ia lebih mampu mengkader dan mendidik orang supaya mereka menjadi lebih baik dan nantinya setelah anak didiknya berhasil maka orang ini menikmati usaha yang dirintisnya dan merasa memiliki anak didik mereka. Jika dalam perusahaan maka orang ini cocok di bagian Human Capital terutama yang melakukan konseling dengan karyawan. Berbeda dengan Fi, cinta orang Fe adalah cinta yang meluas sehingga cinta itu bisa dibagi ke banyak orang, kalau laki-laki maka berpotensi jadi penakluk wanita/playboy.
  9. INSTINCT (In): Karena tak memiliki lapisan otak maka In tak memiliki Drive Kecerdasan sehingga Insting adalah Mesin Kecerdasan (MK) sekaligus menjadi Personaliti Genetik (PG). Berbeda dengan PG lain yang memiliki keunggulan tertentu di satu bidang (spesialis) maka In memiliki kemampuan serba bisa sehingga disebut juga orang generalis. Sayangnya, kemampuan serba bisa orang In ini tanggung hanya setengah (50%). Dengan keserbabisaannya itu, orang In bisa masuk beradaptasi dan bisa diterima di semua lingkungan. Karena dia mempertimbangkan menggunakan naluri/firasat maka orang ini lebih mampu bekerja di pekerjaan yang membutuhkan aktivitas otomatis, yakni bekerja tanpa perlu dipikir ulang atau bekerja secara reflek. Bakat orang ini adalah Altruist artinya orang ini rela mengorbankan dirinya demi orang lain. Peranan orang ini adalah sebagai mitra (partner) artinya orang ini lebih mampu untuk menjadi pelengkap dan mendampingi PG lain. Ia lebih suka menjadi orang nomor dua sementara 8 PG lainnya menginginkan jadi orang nomor satu. Mitra artinya ia juga mampu menjadi penengah atau penghubung antarorang.



Untuk informasi lokasi Tes Sidik Jari di seluruh penjuru Indonesia, hubungi WhatsApp: 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

No comments:

Post a Comment