Pages

Cara Berkomunikasi dengan Orang Instinct [Konsep STIFIn]

Kata kunci untuk berkomunikasi dengan orang Instinct/Insting adalah "CEPATLAH". Karena, orang Insting menggunakan nalurinya untuk berbuat dan memutuskan sesuatu sehingga responnya spontan/cepat. Berikut adalah cara berkomunikasi dengan orang Thinking supaya pesan kita bisa diterima dengan baik:


  1. Bicara to the point secara lembut: Bicara langsung tanpa basa-basi secara lembut. Contoh: “sudah malam, yuk tidur, biar besok bisa bangun pagi.”
  2. Hindari pembahasan yang rumit: Abaikan hubungan sebab akibat (seperti pada Thinking) dan konsep yang rumit (seperti pada Intuiting), berkomunikasilah dengan sederhana. Contoh: “kalian yang rajin belajar ya, biar tambah pintar.”
  3. Hindari kalimat ambigu atau sindiran: Berkomunikasilah dengan kalimat yang lugas, terus terang, yang hanya mengandung satu makna. Jangan berkata: “pintar ya, makanan dibuang-buang…” namun katakan “maaf kak, mama gak suka kamu buang makanan”.
  4. Gunakan lebih sedikit kata: Karena instinct lebih butuh aksi daripada kata. Contoh: “sudah maghrib.. Masuk!.”
  5. Selesaikan kalimat Anda: Supaya dia tidak membuat kesimpulan yang salah dan agar dia segera bertindak dengan jelas.
  6. Tanggapi persis seperti apa yang ia inginkan (tanya harga jawab harga): Sampaikan sesuai apa yang dia perlukan. Lakukan terus tanya jawab yang polanya pendek-pendek sehingga dia bisa mengambil kesimpulan. Contoh: A: adik sholat biar masuk surga. B: kenapa bisa masuk surga? A: karena berarti adik taat sama perintah Allah. B: Oh, jadi yang gak sholat itu gak taat ya? A: iya.

Jika Anda berminat untuk melakukan Tes Sidik Jari STIFIn, silakan hubungi saya lewat WhatsApp ke 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991 guna mengetahui lokasi Tes STIFIn yang paling dekat dengan domisili Anda.

Saya melayani Tes Sidik Jari STIFIn di Kota Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Caruban, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Gresik, Pasuruan, Lamongan.

No comments:

Post a Comment