Pages

Cara Berkomunikasi dengan Orang Intuiting [Konsep STIFIn]

Kata kunci untuk berkomunikasi dengan orang Intuiting adalah "BAYANGKAN". Karena, orang Intuiting perlu membayangkan gambaran besar di masa depan terlebih dahulu untuk memutuskan sesuatu di masa kini. Berikut adalah cara berkomunikasi dengan orang Intuiting supaya pesan kita bisa diterima dengan baik:

  1. Berikan Gambaran Besar dan Implikasi: Tidak perlu detail, fokuskan pada konsep/gambaran besar. Contoh: “Dunia selalu berkembang sehingga semua orang harus menyesuaikan diri. BAYANGKAN, apa yang terjadi jika kalian tidak berubah guna menyesuaikan diri. Tentu kalian akan tertinggal dari orang lain.”
  2. Bicarakan kemungkinan: Coba tawarkan alternatif perbuatan beserta konsekuensinya. Atau buat dia mencari alternatifnya sendiri. Contoh: “Kamu mau belajar ditemani ayah atau ibu?”. “Apa kira-kira yang terjadi jika kamu tidak mau belajar?”. 
  3. Gunakan analogi dan metafora: Contoh analogi: “Orang yang tidak mau belajar sama halnya dengan pelancong yang tidak membawa peta. Dia akan tersesat”. Contoh metafora: “Kakak berani sekali seperti macan si raja hutan”
  4. Gugah imajinasi: Fasilitasi imajinasi mereka supaya terarah. Atau beri stimulus mereka supaya bisa berimajinasi. Contoh: “Ayo, Superman, kita selesaikan permasalahan musuh-musuh ini.”. Atau, tampilkan sesuatu untuk merangsangnya sehingga bisa berimajinasi, seperti video, gambar, dll.
  5. Jangan bebani dengan detail: Hindari komunikasi hal detail atau teknis yang terlalu rinci. Contoh: ucapkan kalimat “Kembalikan semua barang ke tempat semula.” daripada merincinya seperti: kembalikan sepatu ke rak, baju ke lemari, gelas ke rak piring, dll.
Jika Anda berminat untuk melakukan Tes Sidik Jari STIFIn, silakan hubungi saya lewat WhatsApp ke 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991 guna mengetahui lokasi Tes STIFIn yang paling dekat dengan domisili Anda.

Saya melayani Tes Sidik Jari STIFIn di Kota Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Caruban, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Gresik, Lamongan, dan Pasuruan.

No comments:

Post a Comment