Pages

Ini dia 2 (dua) Sumber Asal Kepribadian Manusia (Fenotip)

Sumber kepribadian manusia berasal dari 2 (dua) faktor, yaitu:
1. Faktor Genetik dengan proporsi sebesar 20%;
2. Faktor Lingkungan dengan proporsi sebesar 80%.

Rumusnya adalah sebagai berikut:
Fenotip (manusia utuh 100%) = 20% faktor genetik + 80% faktor lingkungan

Meskipun faktor genetik hanya memiliki porsi sebesar 20% namun sesungguhnya faktor genetik inilah yang memiliki pengaruh dominan dalam membentuk kepribadian kita. Faktor Genetik ini mengikuti Prinsip Pareto (atau istilah lainnya Law of The Vital View, Aturan 80/20) yang berarti meskipun porsinya sedikit namun menentukan sebagian besar dampak. Hukum atau Prinsip Pareto ini bisa ditemukan dimana-mana. Misalnya, hanya sedikit orang yang menguasai sebagian besar uang di dunia.

Untuk aplikasinya dalam pengembangan diri maka lingkungan lah yang seharusnya menyesuaikan dengan faktor genetik. Untuk itu, pelatihan dan pendidikan seseorang (yang mana ini adalah faktor lingkungan) harus diselaraskan dengan faktor genetik. Tujuannya agar seseorang menjadi manusia utuh 100% yang selaras. Tidak bertolak belakang antara Faktor Genetik dan Faktor Lingkungan. Jikalau pendidikan dan pelatihan ini sudah selaras dengan faktor genetik maka bisa dipastikan potensi genetik seseorang itu akan bertumbuh dan berkembang pesat. Jelas, karena orang itu akan merasa nyaman dan antusias dengan program pendidikan dan pelatihan yang ia jalani.

Contohnya, jika seorang anak memiliki potensi genetik di bidang teknik maka lingkungannya harus diselaraskan dengan cara memberikan kursus matematika dan fisika di luar jam sekolah.

Jadi jangan pernah mengajari ikan untuk memanjat pohon atau melatih monyet untuk terbang karena itu tidak selaras dengan potensi genetiknya. Ini hanya akan membuat ikan dan monyet merasa bodoh karena ia tidak akan pernah berhasil melakukannya.

Lalu bagaimana cara mengetahui potensi genetik diri kita atau anak-anak kita? Cara yang paling efektif efisien, dan akurat adalah melalui Tes Sidik Jari STIFIn.

Untuk mengetahui lokasi Tes Sidik Jari STIFIn yang terdekat dengan domisili Anda silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991



Kami melayani Tes Sidik Jari STIFIn di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Caruban, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Lamongan.

No comments:

Post a Comment