Pages

Perbedaan antara Bakat dengan Minat. Mana yang lebih berpengaruh terhadap kesuksesan?

Ada sebagian orang yang menyamakan antara Bakat dengan Minat. Namun, sesungguhnya kedua istilah ini berbeda. Berikut adalah perbedaannya:

BAKAT:
  1. Istilah Bakat dalam Bahasa Inggris adalah Talent;
  2. Bakat bersifat genetik sehingga dimiliki atau melekat sejak lahir, akan tetap ada seumur hidup, dan tidak bisa dipengaruhi oleh lingkungan.
  3. Bakat hanya akan menjadi POTENSI terpendam jika tidak dilatih. Namun jika sudah dilatih maka Bakat akan muncul dan berkembang pesat.
  4. Orang berbakat namun ia tidak berminat dengan bakatnya disebabkan pengaruh lingkungan, seperti: ia tidak mendapatkan informasi tentang bidang yang menjadi bakatnya atau menerima informasi yang keliru sehingga ia tidak tertarik pada bidang itu, atau ia belum mencoba untuk melatih dan memanfaatkan bakatnya. Padahal, andai saja ia mau mencoba mempraktikkan bakatnya maka ia tentu akan merasa 'WOW' sangat antusias dan berkata "oiya.. ternyata menyenangkan juga bekerja di bidang ini".

MINAT:
  1. Istilah Minat dalam Bahasa Inggris disebut interest, sinonimnya Passion;
  2. Minat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar (orang sekitar, pendidikan, dan semisalnya) sehingga bisa berubah jika lingkungan sekitarnya berubah.
  3. Orang yang melatih minatnya tentu kemampuannya akan lebih baik dibandingkan orang berbakat yang mendiamkan saja bakatnya. Namun, jika keduanya sama-sama melatihnya dengan intensitas yang sama maka orang berbakat akan lebih unggul dibandingkan orang yang tidak berbakat.
  4. Memang benar, orang yang melatih minatnya padahal ia tidak berbakat di bidang itu, pasti kemampuannya akan meningkat. Namun, meningkatnya akan lambat dan suatu saat akan stagnan di tingkat tertentu. Selain itu, ia akan menjalani pelatihan minat dengan rasa tidak nyaman. Ini akan berbeda jika Anda melatih Bakat Anda, kemampuan Anda bisa berkembang maksimal secara terus-menerus, dan Anda akan merasa nyama meskipun Anda melatih bakat Anda secara intensif.

Untuk itu, jika Anda berdasarkan Tes STIFIn memiliki bakat A namun tidak minat dengan bidang A dan justru berminat di bidang B maka ubah minat Anda dari semula minat B menjadi minat A. Karena hanya minat yang bisa diubah, sedangkan bakat tidak bisa diubah karena bakat bersifat genetik.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti pelatihan atau pendidikan apapun itu. Pastikan dahulu, Anda memang punya bakat di bidang itu. Sehingga Anda tidak akan membuang waktu, biaya, dan tenaga hanya untuk hal yang sia-sia. Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah, efisien, dan efektif untuk mengenali BAKAT GENETIK Anda atau putra-putri Anda adalah melalui Tes Sidik Jari STIFIn.

Untuk mengetahui Lokasi Tes Sidik Jari STIFIn di seluruh penjuru Indonesia, hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991



Kami melayani Tes Sidik Jari STIFIn di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Caruban/Mejayan, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Lamongan.

No comments:

Post a Comment