Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Feeling extrovert (Fe)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Fe adalah singkatan dari Feeling extrovert. Jika huruf F berdiri sendiri maka merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan F adalah salah satu diantara 5 (lima) MK tersebut. Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi [drive] kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian, Fe sudah menjadi identitas kepribadian. F ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada e yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

[Jika disebut Feeling maka itu adalah Kecerdasan Genetik atau Mesin Kecerdasan, disingkat MK.]
[Jika disebut Feeling extrovert maka itu adalah Kepribadian Genetik atau Personaliti (Personality) Genetik, disingkat PG.]

Mind Map FEELING extrovert (Fe)


Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Feeling extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan emosi atau perasaan yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya. Sistem operasi pada tipe Fe berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kanan atau disebut sebagai limbik kanan. Pada limbik kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan abu-abu yang letaknya di bagian luar atau permukaan otak. Limbik kanan lapisan abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Fe. [Perasaaan adalah pengalaman subyektif yang berada pada alam sadar sebagai reaksi dari emosi. Karena bersifat subyektif maka perasaan tiap orang bisa berbeda terhadap emosi yang sama. Emosi adalah keadaan fisik yang muncul sebagai respons terhadap rangsangan dari luar, contoh emosi adalah marah, senang, takut, sedih, terkejut, jijik, tidak suka.]

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang lebih longgar karena mengandung sel otak lebih sedikit. Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari luar ke dalam. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ lebih malas untuk bergerak melakukan aktivitas kecuali ada pengaruh luar yang membangkitkan mood untuk bersosialisasi.


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin Kecerdasan Feeling (F) sesungguhnya identik dengan pernafasan. Tipe ini memiliki kapasitas pernafasan yang besar. Kapasitas pernafasan yang kuat tersebut disebabkan tipe F memiliki mesin yang besar, yaitu berupa jantung dan paru-paru yang besar. 

Dengan mesin yang besar ini, tipe F dapat memompa oksigen yang lebih banyak ke dalam darah. Tipe Fe lebih bergantung kepada suplai baterai (charger) yang datang dari luar dirinya. Mesin yang besar tersebut harus dinyalakan dari luar. Begitu mesin tersebut menyala, maka akan beraksi sedikit menggebu-gebu.

Bentuk (konstitusi) fisik tipe F secara umum disebut sebagai displastik [dysplastic], artinya mesin yang besar tersebut didukung oleh tulang yang kecil sehingga bawaannya terasa berat. Dengan mesin yang besar, maka tipe ini memiliki bentuk badan yang terlihat lebar dan tebal. Akibatnya bagian punggung dari tipe ini lebih sulit digerakkan (disebut displastik).  

Pada tipe Fe, mesin yang besar tersebut ditopang oleh tulang yang lebih kecil. Tinggi badan tipe Fe lebih pendek, sehingga lebih terkesan seperti pendekar (pendek dan kekar). Secara fisik tipe ini dapat menggunakan pernafasan dalam yang bersumber dari paru-parunya. Namun karena charger baterainya bersumber dari luar, maka tipe Fe memiliki kapasitas pernafasannya lebih dangkal. Kekuatan pernafasan karena mesin yang besar tersebut dapat digunakan untuk jenis olahraga yang memerlukan stamina jarak jauh dan jangka panjang seperti lari marathon.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku) kepribadian Fe mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umurnya. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah: 
1. Empathetic [memahami perasaan orang lain]
2. Tolerant [menerima perbedaan, bertenggang rasa]
3. Communicative [banyak berbicara]
4. Listener [bersedia mendengar, pendengar yang baik]
5. Sympathetic [mudah iba/mengasihani]
6. Persuasive [mampu membujuk/merayu orang]
7. Affectionate [menunjukkan perasaan kasih sayang]
8. Enable [membuat seseorang mampu melakukan sesuatu dengan menyediakan suatu hal]
9. Considerate [menjaga perasaan orang lain]
10. Guiding [membimbing dan memandu orang]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.
Sebagai pribadi yang utuh, tipe Fe memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: pendengar seperti ‘sponge’ [menyerap pesan dari orang lain] namun sebenarnya berhati kenyal [memantulkan pesan dari orang lain], peduli orang lain meski abai terhadap satu per satu persoalan orang lain [sekadar basa-basi], selalu ada misi [tujuan] baru namun terlalu mudah menyerah. Selain itu, jika sedang bersih hati, tipe Fe mudah mendapat ilmu tinggi [ilmu dari langit]; akan tetapi tipe ini justru jarang membersihkan hatinya [sehingga hatinya bisa kotor dan muncul penyakit dengki, sombong, buruk sangka, dll.], memiliki kepasrahan yang tinggi namun sebenarnya sikap itu datang dari malas berpikir dan menggampangkan banyak hal.

Oleh karena itu, tipe ini perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik, maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini akan tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang Kepribadian orang tipe FEELING:
https://www.youtube.com/watch?v=3He5uHVwXJg


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kekhasan dari kepribadian tipe Fe yaitu memiliki kemampuan sosial yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan sosial atau disebut Soc-Q (Social Quotient) [Social Quotient adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola hubungan antara dirinya dengan orang lain]. 

[Social Quotient dalam Konsep STIFIn dapat disepadankan dengan Kecerdasan Interpersonal dalam Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Kecerdasan Interpersonal berarti kecerdasan ini dimiliki oleh seseorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, dapat memahami perbedaan pola pikir, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, supel, dan memiliki empati yang besar terhadap orang-orang di sekitarnya. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_kecerdasan_majemuk]

[Pelatihan bakat sosial (social quotient) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain. Bakat sosial bisa dilatih dengan sering melakukan interaksi dengan banyak orang atau banyak kelompok dari beragam kalangan, melakukan kegiatan bersama orang banyak, berkomunikasi di depan umum, dll.]

Dengan kekuatan pernafasan yang panjang, tipe ini memiliki potensi kekuatan mental yang lebih baik, mampu mendengar bahasa hati orang lain lebih lama. Tipe ini bahkan mampu menjaga perasaan dan berempati lebih baik dari orang lain. Selain itu, tipe F umumnya seperti memiliki kadar cinta yang lebih banyak, baik untuk mencintai ataupun dicintai.  

Namun khusus pada tipe Fe, kemampuan daya jangkau pernafasan atau mental untuk berbagi perasaan bersifat lebih meluas. Tipe ini dapat menjangkau gabungan berbagai event jarak menengah atau memberi perhatian kepada lebih banyak orang. 

Kelebihan dari tipe Fe terletak pada kemampuan membesarkan (magnifying) orang lain. Pada fase berikutnya, tipe ini menikmati pengaruhnya sebagai king-maker atau owner dari usaha yang dirintisnya. Selain itu, dalam mengelola keuangan, tipe Fe berani melangkah mengambil risiko yang besar.


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan tentang Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]

Jalur keberhasilan dari tipe Fe terletak pada sejumlah kader yang telah berhasil digemblengnya sebagai wadah untuk mengaktualisasikan panggilan jiwanya. Mengkader orang hingga berhasil mengeluarkan energi positif yang besar. Kemistri cinta yang datang menghampiri tipe ini bersamaan dengan kedatangan sumber energinya [sumber energi adalah orang-orang yang datang kepadanya], mesti disambut dengan suka cita. [Kader adalah orang-orang untuk dibina agar mereka menjadi hebat di bidangnya masing-masing.]

Jika banyak orang yang mengharapkan digembleng [dibina] oleh tipe Fe [yang berarti tipe Fe ini didatangi/dicari cinta], maka tipe ini harus merespon secara positif (menerima cinta) agar pada akhirnya siklus cinta tersebut membesar dengan sendirinya. Letak keberhasilan dari tipe ini justru sejalan dengan membesarnya siklus cinta. Bagi tipe Fe, siklus cinta tersebut berarti seberapa banyak kader yang telah sukses dibina olehnya.


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Kematangan emosi tipe Fe disalurkan dengan melakukan kaderisasi kepada orang-orang yang disayanginya. Fokus dari tipe ini adalah menjadi coach [pelatih] bagi orang lain, menggembleng [membina] orang-orang yang disayanginya. Penyaluran emosi seperti ini mendorong tipe ini menjadi seperti king-maker [pencetak raja]: mencetak orang supaya menjadi yang terbaik, kalau perlu sampai menjadi raja (pada bidang tersebut).  

Dengan kematangan emosi yang bagus, tipe Fe lebih suka memberi jalan kepada orang lain untuk terjun memimpin, sementara dirinya sendiri lebih senang duduk di belakang layar sebagai perintis atau pemilik [owner]. Tipe ini menyukai menjadi tokoh tetapi jenis tokoh yang di balik layar.  

Panggilan alamiah tipe Fe lebih senang mendorong orang lain untuk melangkah setinggi-tingginya dengan bimbingannya. Ketika menggembleng [membina], tipe ini memang memberi sebanyak yang ia bisa, bahkan terkesan menggebu-gebu. Pada akhirnya tipe ini akan puas jika kadernya berhasil meraih mimpinya. 

[Peranan pemilik (owner) bisa dilatih dengan cara membimbing teman untuk menyelesaikan sendiri masalahnya, menjadi pelatih misal pelatih sepak bola, menjadi mentor bisnis, menjadi konselor, menjadi penasihat, menjadi komisaris, dsb.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Target pribadi dari tipe Fe adalah mencetak orang, selalu berorientasi kepada orang [people]. Jiwa sosial tipe ini memang cukup tinggi, ia selalu memiliki kepedulian untuk memperbaiki kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) dari masyarakatnya. 
 
Panggilan jiwa sebagai mentor [pembimbing] atau coach (pelatih) memberi makna yang besar dalam hidup tipe Fe. Tipe ini merasa telah mengaktualisasi diri jika ada di antara kader-kadernya yang berhasil meraih mimpinya. 

Secara kepakaran pun tipe Fe terpanggil untuk menjadi coach, bahkan bermimpi menjadi coach yang termahal bayarannya. Meskipun begitu, sering kali tipe ini mengorbankan transaksi pembayaran upah jika aspek penggemblengan [coaching] SDM yang ditawarkan terasa lebih menantang. Panggilan sosial tipe ini untuk mengangkat SDM ditempatkan lebih tinggi dibanding transaksi komersialnya

Pengaruh sosial sebagai baterai dari tipe Fe terkadang membuat tipe ini menjadi begitu subjektif ketika mengukur sesuatu. Bahkan ketika tipe ini menjalankan usaha, proses kalkulasi bisnis terkadang terabaikan. Tipe ini begitu menggebu-gebu memperjuangkan apa yang disukainya. 

Argumentasi dari tipe Fe sering kali membawa-bawa pertimbangan sosial, meski hal ini memang disukainya. Letak kesukaan tersebut didasarkan pada ukuran keberadaan tipe ini secara sosial. Artinya, antara kepentingan pribadi tipe ini di mata sosial dengan kepentingan sosial yang murni, dapat beririsan.

Ketika sudah suka, tipe Fe akan membuat keputusan yang nekat dan berani ambil risiko, sehingga kurang hati-hati mempertimbangkan bahwa pada akhirnya bisa jadi ia akan menjadi korban demi kepentingan orang lain. Seperti dalam hal mengelola keuangan, tipe ini memang terkadang terlalu berani mengambil risiko yang terlalu besar, sementara dibalik keputusan tersebut masih banyak unsur ketidakpastian.


Arah Merek

[Bab Arah Merek menjelaskan tentang Arah Merek.]
[Arah Merek adalah citra diri yang sebaiknya diingat oleh orang banyak dari tipe PG ini.]

Kegetolan tipe Fe membangun SDM menciptakan merek bagi dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya untuk membangun tim pemenang dan organisasi terbaik. Tipe ini justru merasa gagal jika pribadinya [namanya] yang dialamatkan terhadap keberhasilan organisasi.

Tipe Fe akan merasa berhasil jika tim dan organisasinya menjadi yang terbaik di bidangnya dan bahkan sudah bisa dilepas sendiri menjalankan hasil tempaannya. Panggilan jiwa dari tipe ini selalu menginginkan karya tempaan, yaitu hasil gemblengannya tertanam dalam pada tim dan organisasi yang digemblengnya. 


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Proses belajar yang sesuai bagi tipe Fe adalah mendiskusikan mata pelajaran dengan guru/teman sambil memperbanyak item yang diulas secara verbal. Bagaimanapun, tipe F secara umum harus belajar menggunakan telinga. Tipe ini harus menjadi pendengar yang baik. Namun bagi tipe Fe, proses komunikasi yang interaktif lebih disukai berhubung charger baterainya ada di luar. Dengan demikian, diskusi menjadi pilihan terbaik bagi tipe Fe untuk belajar. 

Motivasi belajar dari tipe Fe akan terjaga jika ia dipuji oleh orang lain, apalagi oleh teman seumurnya. Ibarat seperti perempuan yang ingin belajar, maka tipe ini merasa lebih nyaman jika didampingi oleh orang lain, apalagi jika orang yang mendampingi adalah orang yang begitu berarti baginya. Menyediakan pendamping bagi tipe Fe sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan mood belajar.

Motivasi belajar dari tipe Fi akan naik seiring dengan mood [suasana hati]. Namun begitu, jika tipe ini sedang mood, maka seperti tidak ada yang dapat menghentikannya. 

[Kalibrasi Belajar adalah teknik untuk menghilangkan kejenuhan ketika sedang belajar dan bekerja. Kalibrasi Belajar tipe Feeling extrovert adalah ‘Cengkerama’. Yang dimaksud ‘Cengkerama’ adalah melakukan percakapan antara dua orang atau lebih. Pelaksanaan kalibrasi ‘Cengkerama’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara menyisipkan sesi interaksi antarorang yang bisa menghadirkan kecedekatan dan keceriaan.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar tipe Feeling extrovert adalah Transkulpasi, artinya dia mencari kambing hitam pada orang lain atas kegagalannya (menyalahkan orang lain). Seharusnya, hidup dia bergantung dia sendiri, bukan orang lain. Sehingga, dia mesti bertanggung jawab atas segala yang dia lakukan. Misal, tipe Fe akan berkata “Wajar kalau nilai saya jelek, karena banyak murid yang diajar oleh guru itu nilainya juga jelek.” Atau “Saya bisa saja berprestasi tetapi bergantung siapa gurunya/atasannya.”]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Feeling extrovert adalah tipe Intuiting introvert. Jika tidak ada tipe Intuiting introvert maka boleh Intuiting extrovert karena sama-sama MK Intuiting.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Feeling extrovert adalah tipe Insting.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi untuk tipe Fe sebaiknya diarahkan pada satu di antara empat pilihan industri berikut ini, yaitu psikologi, komunikasi, diplomasi, humas/promosi

[Contoh profesi pada empat industri/bidang prioritas utama:]
[Psikologi: Psikolog, counselor]
[Komunikasi: Penyiar, Master of Ceremony]
[Diplomasi: Duta Besar, Diplomat]
[Humas/Promosi: Public Relation, penyuluh]

Selanjutnya pilihan lain [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama] dari profesi yang sesuai untuk tipe Fe sebagai berikut: politisi, eksekutif, lawyer, seniman, investor, negarawan, trainer/public speaker, administrasi negara, seniman, budayawan, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikiater, counselor, ideolog, personalia, birokrat, aktivis, atlet maraton, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi patokan bagi tipe Fe adalah mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: merasakan, pernafasan, memimpin, dan mencintai.   

Artinya, jurusan atau profesi yang dipilih tipe Fe didominasi oleh unsur-unsur yang membutuhkan keterlibatan emosi (termasuk kemampuan berkomunikasi dari hati ke hati), secara fisik memerlukan nafas yang panjang atau semangat yang tinggi sehingga bisa bekerja atau bertanding secara marathon, serta melibatkan karisma dan kemampuan kepemimpinan. Selain itu, jurusan atau profesi yang mampu menangkap simpati atau cinta orang lain (pengikut), sehingga para pengikut atau pengagum dari tipe ini tidak merasa cintanya bertepuk sebelah tangan.

Video penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang direkomendasikan untuk Feeling extrovert (Fe):
https://www.youtube.com/watch?v=2zVbDwjGZaQ
___________________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang FEELING
Kata kunci: Rasakan atau Pahami!
  1. Mood (suasana hati): Kenali kondisi mood-nya. Dan bicaralah secara halus, sambil memberikan perhatian dan pujian, tersenyum ramah, memandang lembut, dan membelai hangat agar suasana hati mereka membaik.
  2. Basa-basi: Jangan bicara langsung ke inti pembicaraan. Tapi, awali dengan basa-basi agar mereka merasa nyaman.
  3. Jangan Menolak: Jangan langsung mengatakan TIDAK jika gagasan mereka berseberangan dengan Anda karena itu hanya membuat mereka makin menjauh.
  4. Memahami: Katakan bahwa Anda memahami mereka karena orang Feeling ingin dimengerti.
  5. Menghargai: Hargai dan puji gagasan mereka sekecil apapun itu agar mereka makin bersemangat.
  6. Kesamaan Pandangan: Katakan bahwa Anda memiliki gagasan yang sama dengan mereka agar mereka yakin Anda di pihak mereka.
  7. Teladan: Pastikan hati, lisan, dan tindakan Anda sudah selaras sehingga nasihat Anda didengar mereka.
  8. Nama Orang: Gunakan nama orang yang diidolakannya untuk mendukung gagasan Anda. Karena mereka belajar melalui idola mereka.
Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Feeling:

2. Ciri-ciri kepribadian orang Fe jika kelebihannya sudah muncul:
Pendengar Paling Empatik;
Kawan Paling Hangat;
Pencetak Orang Sukses;
Pemanfaat Koneksi;
Penembus Hati;
Pemberi Kesempatan;
Penyerap Ilmu Serba Aneka;
Pejuang Misi Terdepan;
Penyabar Tahan Banting;
Luas Pandangan.

3. Pelatihan Bakat
Masalah yang muncul saat pelatihan bakat: semangat menyala namun mudah layu
Solusi: menghadirkan mood dengan pujian, belaian, dan pendampingan
Pelatih yang diutamakan karena mendukung Fe (coach): Ii, jika tidak ada maka Ie
Pelatih yang disegani karena menaklukkan Fe (mentor): In

4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat
Habitat Alam: pegunungan, kawasan pantai
Habitat Sosial: masyarakat egaliter (kesamaan strata sosial)
Habitat Industri: industri komunikasi

5. Pasangan hidup yang paling cocok
Untuk wanita Fe, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Si, jika tidak ada Si maka Se;
Untuk pria Fe, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Ii, baru kemudian Ie.
__________________________________

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

No comments:

Post a Comment