Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Sensing introvert (Si)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Si adalah singkatan dari Sensing introvert. Jika huruf S berdiri sendiri maka merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan S adalah salah satu di antara 5 (lima) MK tersebut. Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi Kepribadian [Kepribadian Genetik] ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi [drive] di belakangnya. Jenis kemudi kecerdasan hanya ada 2 (dua), yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian Si sudah menjadi identitas kepribadian. S ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

[Jika disebut Sensing maka itu adalah Kecerdasan Genetik atau Mesin Kecerdasan, disingkat MK.]
[Jika disebut Sensing introvert maka itu adalah Kepribadian Genetik atau Personaliti (Personality) Genetik, disingkat PG.]

Mind Map SENSING introvert (Si)


Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Sensing introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan lima-indra yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya [yang dimaksud lima-indra/pancaindra adalah segala sensor/alat indra dalam tubuh kita, tidak terbatas hanya pada pancaindra]. Sistem operasi pada tipe Si berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri atau disebut sebagai limbik kiri. Pada limbik kiri tersebut yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam. Limbik kiri lapisan putih itulah yang menjadi sistem operasi tipe Si.

Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak. Kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ menjadi seolah tidak bisa diam ingin selalu bergerak karena sumber bioritmik-nya [biological rhythm/irama biologis] lebih dinamis.


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin Kecerdasan Sensing (S) sesungguhnya identik dengan otot. Mereka memiliki otot yang kuat. Otot yang kuat itu disebabkan karena tipe S memiliki otot merah tempat menyimpan tenaga aerobik. Tentu saja otot itu mesti sering digunakan [dan dilatih] supaya otot berkembang menyimpan tenaga aerobik yang lebih banyak. Tipe Si terlebih lagi karena ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya menyebabkan Si seperti memiliki tenaga yang kuat.

[Otot merah bisa dilatih dengan melakukan latihan/olahraga aerobik di antaranya jalan cepat, menari/senam aerobik, berenang, jogging, bersepeda, tenis, sepak bola. Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Aerobic_exercise]

Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang atletis [athletic] besar (bongsor) [atletis artinya tubuh memiliki rasio yang proporsional baik horizontal maupun vertikal sehingga lebih estetis jika dipandang], tipe Si juga memiliki kemahiran fisik yang ditunjang oleh motorik kasar. Otot memiliki kemampuan mengingat yang disimpan pada bagian sel otot yang disebut dengan myelin [myelin adalah bagian dari sel saraf yang berfungsi mencegah bocornya sinyal dan mempercepat jalannya sinyal]. Otot yang terlatih memiliki myelin yang lebih berharga. Kelebihan tipe S justru terletak di harga myelin-nya yang lebih terlatih.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku), kepribadian dari tipe Si mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap bagi tipe Si, yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umur. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah:
1. Persistent [gigih, ulet]
2. Detailed [memperhatikan suatu hal secara terperinci]
3. Recorder [merekam informasi ke dalam ingatan]
4. Discipline [tertib, taat aturan]
5. Careful [berhati-hati, cermat]
6. Spirited [memiliki banyak energi, selalu bergairah]
7. Encyclopedic [berwawasan luas, banyak rujukan]
8. Workaholic [suka bekerja terus-menerus]
9. Timeful [memanfaatkan waktu sesuai agenda]
10. Indifferent [masa bodoh, cuek, abai, tidak acuh]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.

Sebagai pribadi yang utuh, tipe Si memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: penuh ambisi [bernafsu mencapai sesuatu] namun mudah patah [menyerah], penurut namun muncul rasa persaingan [merasa tersaingi], berjiwa pesiar [suka bepergian] namun ingin selalu didampingi sparring-nya [enggan bepergian seorang diri dan ingin didampingi pesaingnya], menjadi kamus atas segala problematika [banyak wawasan dan rujukan] namun terkadang ‘blank’ [buntu, tidak bisa berpikir], cenderung kronologis [berdasarkan urutan waktu kejadian] dan fakta-sentris [berdasarkan bukti, pengalaman] meski terkadang seperti bola liar [sulit ditebak] dan tiba-tiba meyakini telepati [berasumsi terhadap benak orang lain], pelakon yang percaya diri namun terkadang menjadi pencemas [suka khawatir], memang ulet dan tersusun [menata dengan rapi mulai dari awal/dasar] namun disertai dengan bawel [cerewet dan mencela] seperti Mr. Printilan.

Oleh karena itu, tipe Si perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang Kepribadian orang tipe SENSING:


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kepribadian dari tipe Si ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan mengingat yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan ingatan atau disebut MQ (Memory Quotient) [Memory Quotient adalah kemampuan untuk menyimpan informasi ke dalam ingatan dan memanggil kembali (mengingat) informasi tersebut di lain waktu].

[Memory Quotient dalam Konsep STIFIn dapat disepadankan dengan Kecerdasan Bahasa dalam Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Kecerdasan Bahasa dalam Teori Kecerdasan Majemuk berarti kecerdasan yang memiliki kepekaan terhadap kebermaknaan bahasa, meliputi tata bahasa, struktur kalimat, bunyi, fungsi dan permainan bahasa. Kegiatan yang digemari oleh kecerdasan ini adalah senang bercerita, senang menulis, menyukai kegiatan literasi, punya banyak perbendaharaan kata, dan lain-lain. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_kecerdasan_majemuk]

[Pelatihan bakat memori (memory quotient) bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dalam merekam informasi dan kecepatan dalam mengingat kembali informasi yang telah direkam. Bakat memori bisa dilatih dengan cara belajar bahasa terutama memperbanyak hafalan kosakata, menghafalkan istilah-istilah dan rumus-rumus penting dalam materi pelajaran, menghafalkan ayat-ayat Al-Quran, dst.]

Tipe Si memiliki kelebihan yang otomatis berfungsi dalam cara kerjanya yang terbiasa efisien [efficiency] [efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan atau menghasilkan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya]. Memperlakukan pekerjaannya dengan output per input yang bagus [artinya dengan output yang sama namun input yang digunakan lebih sedikit sehingga rasio produktivitas lebih tinggi]. Pekerjaannya mesti efisien. Cara membelanjakan pengeluaran begitu hemat. Termasuk dalam berbagi pun, tipe Si sangat hemat. Daripada disuruh berbagi terlalu besar, tipe Si memilih membantu dengan cara lain yang mengeluarkan tenaganya. Tipe ini lebih senang menolong orang dengan keuletannya.


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan tentang Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]

Tipe Si sesungguhnya calon orang kaya, karena memiliki kemistri terhadap harta. Hanya saja untuk mendapatkannya, tipe Si harus mengejar harta tersebut dengan keuletannya. Jika ingin berhasil meraih harta dengan baik maka tipe Si harus mencari panggung untuk meningkatkan produktivitasnya [panggung dapat diartikan sebagai segala bisnis dan pekerjaan di mana dia bekerja/produktif].

Keuletan tipe Si bukan dilakukan secara membabi-buta, melainkan sejak dini men-setup panggung agar dirinya dapat tampil untuk memamerkan kebolehannya. Untuk mendapatkan panggung tersebut, ia mesti menata [panggung] dari bawah [dari awal/dasar, bukan ketika panggungnya sedang atau sudah dibangun] sampai ia akhirnya mencapai level tertinggi dari permainan panggungnya.

Panggung disini tidak selalu berarti panggung pertunjukan, meskipun itu memang menjadi keutamaannya, namun panggung ini bisa dengan makna yang lebih luas. Termasuk di dalamnya panggung bisnis. Misalnya: keberhasilan mempertontonkan kemahiran pengelolaan uang investor dengan pulangan investasi (ROI) [Return On Investment] yang aman dan mengagumkan.

Bisnis investasi dijadikan panggungnya melalui kemampuan pengelolaan keuangan yang efisien dan terpercaya. Sehingga setelah dipertontonkan, membuat banyak pihak tertarik untuk mempercayakan investasi kepadanya. Sebut saja karena tipe Si ini punya panggung berupa bank atau lembaga keuangan.


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Dengan fungsi otot yang kuat, Mesin Kecerdasan Sensing (S) lebih senang dengan jenis pekerjaan yang memerlukan keuletan. Tipe ini memiliki stamina [tenaga otot] yang lebih hebat dibandingkan dengan tipe lainnya. Kemudian digabungkan dengan kecerdasan yang berbasiskan pancaindra, maka fungsi otot tersebut akan membuat tipe S menyukai pekerjaan berkeringat. Hal itu juga yang membuat tipe S memilih peran sebagai pemain (player) yang berada di lapangan atau di panggung, dibandingkan dengan menjadi orang di belakang layar.

Jika tipe S dikemudikan dari dalam -menjadi tipe Si- akan muncul sifat yang lebih percaya diri. Hal itu membuat tipe Si menyukai sebagai orang yang tampil dan berperan sebagai pemain (player), satu di antara berbagai aktivitas yang ditekuninya. Seperti menjadi atlet, penyanyi, artis, pekerja, atau kalau pun menjadi pengusaha, maka ia akan ikut turun tangan menangani bisnisnya.

[Peranan pemain (player) bisa dilatih dengan cara merangkap menjadi pelaksana yang ikut serta turun langsung ke lapangan untuk mengeksekusi segala gagasan, rencana, dan program hingga tuntas, misal menjadi pemain dalam tim olahraga, menjadi panitia pelaksana dalam suatu kegiatan, menjadi anggota tim dalam suatu proyek pekerjaan, dsb.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Berkat rajin dan tidak mudah lelah, tipe Si memiliki jumlah koneksi [connection] hubungan sosial yang banyak [ini tidak berarti tipe Si paling bagus dalam berhubungan sosial. Tipe yang paling bagus dalam berhubungan sosial ada tipe Fe]. Jumlah relasi yang dikunjungi atau dihubungi tiap harinya lebih banyak dibanding tipe yang lain. Tipe Si memiliki target mendapatkan koneksi dari semua haluan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau menjual semua dagangan. Setelah menanam benih usaha dibanyak tempat dan semua jerih payah telah dilakukannya, tipe Si berharap dapat panen memetik hasil [kerja]nya (yielding).


Arah Merek

[Bab Arah Merek menjelaskan tentang Arah Merek.]
[Arah Merek adalah citra diri yang sebaiknya diingat oleh orang banyak dari tipe PG ini.]

Pengulangan aktivitas yang konsisten mengakibatkan tipe Si memiliki merek yang menempel pada dirinya yaitu sebagai orang yang sukses menghasilkan kuantitas yang besar. Merek tipe Si dikenal sebagai orang yang selalu berjaya memperbesar skala volume kinerjanya. Misalnya: jika memilih bisnis transportasi, tipe Si selalu berhasil memperbanyak penumpang. Jika ia menjadi ahli bahasa, maka jumlah perbendaharaan kata yang berhasil direkam jumlahnya begitu mengagumkan. [Skala volume bisa diartikan juga tipe Si dikenal mampu meningkatkan rasio produktivitas menjadi tinggi yaitu dengan output sama namun input yang digunakan lebih sedikit.]


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Seseorang dengan tipe Si jika ingin memperbaiki cara belajarnya, maka lakukan dengan merekam perbendaharaan istilah atau kata-kata (vocabulary) baru [dan juga merekam materi baru ke dalam ingatan/dihafalkan]. Setiap istilah atau pelajaran diulang-ulang dengan membahasakan kembali [melafalkan atau menuturkan dengan lisan] dengan cara yang bervariasi.

Selain itu, belajar menggunakan alat peraga [alat bantu pengajaran] juga penting karena penampakan secara visual akan memperbanyak rekaman informasi yang menempel pada ingatan tipe Si. Bahkan alat peraga tersebut perlu dimainkan [dijalankan dengan berbagai cara] agar mendapat pengalaman tersendiri.

Mencoba dan mengalami langsung merupakan proses belajar yang paling efektif bagi tipe Si. Bentuk-bentuk latihan yang mengulang merupakan cara yang sangat baik untuk memfungsikan myelin-nya. Semakin sering dilatih, maka semakin banyak myelin yang berkembang dan terbentuk, sehingga kemahiran tipe ini akan semakin meningkat.

Belajar sambil bergerak justru akan membuat tipe Si menjadi lebih nyaman dan dapat memperpanjang masa [durasi] belajar jika melakukannya sambil bergerak [misal, menulis catatan dengan tangan]. 

Bagi tipe Si, cara yang paling jitu untuk membangkitkan motivasi untuk belajar dan bekerja yaitu jika diberi sparring (teman berlatih yang sekaligus menjadi pesaingnya), karena tipe ini sangat memerlukan ‘tarikan nyata’ [dan juga diajarkan pola dan strategi terbaik agar tidak hanya mengandalkan otot/usaha].
Tipe Si tidak bisa dimotivasi menggunakan pesaing imajiner [khayalan], karena kecerdasan indrawinya hanya akan bekerja jika pesaingnya nyata. Semakin tipe ini ingin ‘naik kelas’, semakin tinggi pula level sparring [pesaing] yang mesti dihadirkan.

[Kalibrasi belajar menjelaskan cara me-refresh pikiran untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul ketika kita sedang belajar dan bekerja. Dengan melakukan kalibrasi, pikiran akan kembali segar sehingga kita akan kembali bersemangat dan antusias dalam belajar dan bekerja. Tiap Kepribadian Genetik (PG) memiliki cara kalibrasinya sendiri yang efektif. Kalibrasi Belajar Sensing introvert adalah ‘Berkeringat’. Yang dimaksud ‘Berkeringat’ adalah menggerakkan anggota badan dengan giat. Pelaksanaan kalibrasi ‘Berkeringat’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara menyisipkan aktivitas-aktivitas yang menuntut menggerakkan anggota badan, baik sebagai bagian kegiatan belajar maupun saat jeda/istirahat. Misal, olahraga dan senam ringan.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar Sensing introvert adalah Kompensasi, artinya dia merasa selalu dapat mengkompensasi dengan cara lain. Cara lain biasanya cara apapun yang penting bukan dia yang melakukannya, namun orang lain. Padahal, jika dia melakukannya sendiri maka dia bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Misal, tipe Si akan berpikir “Tidak membaca buku tidak apa-apa lah, kan nanti saya masih bisa tanya ke teman-teman.” Contoh lain, ketika orang tua menyuruhnya melakukan sesuatu namun dia malah menyuruh saudara atau pembantunya untuk mengerjakannya.]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Sensing introvert adalah tipe Feeling extrovert. Jika tidak ada tipe Feeling extrovert maka boleh tipe Feeling introvert karena sama-sama MK Feeling.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Sensing introvert adalah tipe Intuiting extrovert. Jika tidak ada tipe Intuiting extrovert maka boleh tipe Intuiting introvert karena sama-sama MK Intuiting.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi untuk tipe Si sebaiknya diarahkan pada satu di antara lima pilihan industri berikut ini, yaitu industri keuangan, bahasa, transportasi, perdagangan, dan hiburan.

[Contoh profesi pada industri/bidang prioritas utama:]
[Keuangan: akuntan, bankir, bendahara]
[Bahasa: ahli bahasa, penerjemah]
[Transportasi: masinis, pilot, nahkoda]
[Perdagangan: pedagang, exporter, importer]
[Hiburan: aktor, aktris, penyanyi, penari]

Selanjutnya, pilihan lain dari profesi yang sesuai untuk tipe Si sebagai berikut [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama]: ekonom, atlet, tentara, bisnis perhotelan, sejarawan, bankir, pertanahan, dokter, jurnalis, keartisan, manufacturing [pabrik], pilot, pramugari, model, aktor/aktris, salesman, perkebunan, pertanian, peternakan, administrasi, sekretaris, pustakawan, operator, pegawai/staf, penyanyi, pekerja pabrik, security, pelukis naturalis, fotografer, cameraman, presenter, penari, pekerja lapangan dalam berbagai sektor, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi, patokan bagi tipe Si adalah mempertimbangkan empat kata kunci-nya, yaitu: mengingat, otot, rajin, dan tergerak.

Artinya, jurusan atau profesi yang sebaiknya dipilih oleh tipe Si didominasi oleh unsur-unsur yang memerlukan daya ingat, memerlukan otot [tenaga aerobic yang bersifat stabil dan tahan lama], mengandalkan faktor rajin untuk menguasainya [makin sering praktik dan mengulang-ulang maka makin menguasai], dan tergerak dengan sendirinya karena tipe Si memang terpanggil di jurusan atau profesi tersebut [memang dia berminat pada profesi itu].

Video Penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang paling direkomendasikan untuk SENSING introvert:
https://www.youtube.com/watch?v=Wjf5MgcozTc
_________________________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang SENSING
Kata kunci: Buktikan!
  1. Fakta: Berikan fakta atau kejadian/pengalaman nyata agar dia percaya. Fakta adalah bukti nyata yang dapat diindra. 
  2. Detail: Sampaikan informasi secara terperinci agar dia tidak bertanya-tanya: apa, mengapa, bagaimana. 
  3. Berurutan: Sampaikan informasi secara bertahap (tidak langsung semuanya) dan berurutan dari awal hingga akhir agar dia mudah dalam menyerap informasi. 
  4. Harfiah: Gunakan bahasa sesuai makna asal, dan bukan bahasa kiasan, agar dia tidak salah tafsir. 
  5. Diksi: Pilih kata yang maknanya paling akurat yaitu yang paling mewakili informasi yang ingin Anda sampaikan, agar pemahaman dia persis seperti pemahaman Anda. 
  6. Straightforward: Bicaralah apa adanya, bermakna tunggal, menuju ke satu arah (tidak bercabang) yaitu ke inti pembicaraan agar dia mudah memahami.
  7. Masa kini: Berikan perhatian lebih pada masa kini, bukan masa depan, karena dia lebih mudah menerima kenyataan di masa kini daripada membayangkan masa depan.
  8. Implementasi: Orang Sensing lebih suka dan lebih mudah melaksanakan gagasan daripada membuat gagasan.
              Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Sensing:

              2. Ciri-ciri kepribadiannya jika kelebihannya sudah muncul:
              Ahli Bahasa Terbaik;
              Keuangan Terhemat;
              Pekerja Super Teliti;
              Penangan Tercepat;
              Terampil Paling Rajin;
              Ensiklopedik Terlengkap;
              Pelaksana Terulet;
              Penampil Terhebat;
              Eksekutor Terpatuh;
              Komitmen Terbaik.

              3. Pelatihan Bakat
              Masalah yang muncul selama pelatihan bakat: fighting spirit mengalahkan kecerdikannya (terlalu mengandalkan usaha/otot daripada teknik/strategi)
              Solusi: ajari teknik terbaik melalui sparringnya (pesaing yang nyata)
              Pelatih yang diutamakan karena mendukung Si (coach): Fe, jika tidak ada maka Fi
              Pelatih yang disegani karena menaklukkan Si (mentor): Ie, jika tidak ada maka Ii

              4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat:
              Habitat Alam: kawasan datar, tumbuhan penuh warna
              Habitat Sosial: masyarakat pedagang
              Habitat Industri: industri keuangan

              5. Pasangan hidup yang paling cocok
              Untuk wanita Si, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Te, jika tidak ada Te maka Ti;
              Untuk pria Si, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Fe, baru kemudian Fi.
              Baca penjelasan cara memilih pasangan hidup yang ideal di link ini:
              __________________________________

              Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

              1 comment:

              1. kemudian apa pekerjaan/profesi/activitas yg sesuai dengan tipe SI? yg bisa membuatnya bisa menjadi kaya.

                ReplyDelete