Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Sensing extrovert (Se)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Se adalah singkatan dari Sensing extrovert. Jika huruf S berdiri sendiri maka S merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika MK digandengkan dengan jenis Kemudi Kecerdasan (Drive Kecerdasan) di belakangnya. Jenis Kemudi Kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian, Se sudah menjadi identitas kepribadian. S ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada e yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai Kemudi Kecerdasan. Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan S adalah salah satu diantara 5 MK tersebut. Mesin Kecerdasan SENSING berarti merujuk kepada Panca Indra Anda, yang membuat Anda Konkret (realistis) dan Praktis (implementatif). Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari Luar ke Dalam sehingga Anda mudah kecipratan banyak peluang baru.

Mind Map SENSING extrovert (Se)


Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Sensing extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan lima-indra yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya [yang dimaksud lima-indra adalah segala sensor/alat indra dalam tubuh kita, tidak terbatas hanya pada pancaindra]. Sistem operasi pada tipe Se berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri atau disebut sebagai limbik kiri. Pada limbik kiri tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan abu-abu yang letaknya di bagian luar atau permukaan otak. Limbik kiri lapisan abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Se.

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang lebih renggang karena mengandung sel otak yang lebih sedikit. Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari luar ke dalam. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ menjadi seolah lebih malas untuk bergerak karena sumber bioritmiknya [biological rhythm/irama biologis] tergantung pemicu dari luar.


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin kecerdasan Sensing (S) sesungguhnya identik
dengan otot. Mereka memiliki otot yang kuat. Otot yang kuat
itu disebabkan karena tipe S memiliki otot merah tempat
menyimpan tenaga aerobik. Tentu saja otot itu mesti sering
digunakan [dan dilatih] supaya otot berkembang menyimpan tenaga aerobik yang lebih banyak.

[Otot merah bisa dilatih dengan melakukan latihan/olahraga aerobik di antaranya jalan cepat, menari/senam aerobik, berenang, jogging, bersepeda, tenis, sepak bola. Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Aerobic_exercise]

Tipe Se menyimpan potensi tenaga yang besar namun sangat tergantung dengan ketersediaan baterai (charger) yang justru ada di luar dirinya menyebabkan Se cenderung seperti diesel yang memulai dengan lambat tapi lama kelamaan akan semakin kuat. Bentuk (konstitusi) fisiknya atletis [athletic] tetapi cenderung berukuran mungil namun ditunjang oleh keberadaan motorik halus sehingga memiliki kemampuan fleksibilitas fisik yang mengagumkan [atletis artinya tubuh memiliki rasio yang proporsional baik horizontal maupun vertikal sehingga lebih estetis jika dipandang].

Otot memiliki kemampuan mengingat yang disimpan pada bagian sel otot yang disebut dengan myelin [myelin adalah bagian dari sel saraf yang berfungsi mencegah bocornya sinyal dan mempercepat jalannya sinyal]. Otot yang terlatih memiliki myelin yang lebih berharga. Kelebihan tipe S justru terletak di harga myelin-nya yang lebih terlatih.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku), kepribadian dari tipe Se mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umurnya. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah:
1. Adventurous [suka bertualang, mencoba hal baru]
2. Playful [periang, ceria]
3. Demonstrative [mempertontonkan dirinya ke orang lain]
4. Generous [dermawan, mudah memberi]
5. Repetitious [bekerja secara berulang-ulang]
6. Tune in order [bekerja secara urut]
7. Show Off [pamer, menunjukkan sesuatu ke orang lain]
8. Inoffensive [tidak mengganggu orang]
9. Endurance [tahan terhadap tekanan atau kesulitan]
10. Experience [berpengalaman, berdasarkan masa lalu]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.
Sebagai pribadi yang utuh, tipe Se memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: tahan banting [tangguh dan mandiri] seperti laki-laki tetapi manja [lemah dan bergantung pada orang lain] seperti perempuan, exposure petualangannya luas [banyak pengalaman] namun internalisasi kedewasaan lambat [kekanak-kanakan], seperti pemberani padahal sebenarnya kerdil [penakut], menjadi pendamping yang mudah disenangkan namun tidak mudah dibuat jatuh cinta. Selain itu, tipe Se memiliki pembawaan [sikapnya] yang terkesan lembut [kalem] padahal suaranya sering melengking, susah memulai kerja tetapi jika sudah mulai kerja determinasinya [tekadnya] kuat, dermawan tapi boros sebagai penikmat [untuk menyenangkan diri], mengharapkan kepastian [berusaha memastikan banyak hal] tetapi cepat merasa tersudut [terpojok, berada dalam keadaan yang sulit sehingga tidak bisa berbuat apa-apa] dan kemudian kabur [lari dari masalah]. 

Oleh karena itu, tipe ini perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik, maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini akan tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang kepribadian orang tipe SENSING:
https://www.youtube.com/watch?v=Wjf5MgcozTc


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kepribadian dari tipe Se ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan fleksibilitas dan kekuatan otot yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan fisik atau disebut PQ (Physical Quotient) [Physical Quotient adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan tubuh]. 

[Physical Quotient dalam Konsep STIFIn dapat disepadankan dengan Kecerdasan Kinestetik dalam Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Kecerdasan Kinestetik berarti kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. Kecerdasan kinestetik juga dapat diartikan sebagai cara berfikir dengan menggunakan tubuhnya yang ditunjukkan dengan ketangkasan tubuh untuk memahami perintah otak. Sedangkan menurut Howard Gardner, kecerdasan kinestetik adalah kemampuan melakukan gerakan-gerakan yang bagus, seperti berlari, menari, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_kinestetik]

[Pelatihan bakat fisik (physical quotient) bertujuan untuk meningkatkan daya tahan (endurance) otot merah dan kelenturan (flexibility) otot merah. Bakat fisik bisa dilatih dengan melakukan latihan/olahraga aerobik seperti senam aerobik, bersepeda, lari jarak jauh, endurance training, hiking, jogging, berenang, dan jalan kaki.]

Tipe Se memiliki kelebihan yang cenderung lebih dermawan. Juga di sisi lain dalam membelanjakan untuk dirinya cenderung lebih boros. Dengan kedermawanannya, terutama untuk membelanjakan orang lain, akan membuat tipe ini kerapkali mendapatkan momentum bisnis yang bagus. Tipe ini memperlakukan pekerjaannya sebagai aktivitas yang menyenangkan, bahkan hidupnya pun cenderung ingin bersenang-senang [momentum artinya kesempatan seketika, maksudnya tipe Se mampu menemukan kesempatan yang bagus untuk melakukan sesuatu pada waktu itu juga, dia paham apakah waktu yang sedang berlangsung itu merupakan momen yang pas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu].

Oleh karena itu, tipe ini menjadi pembelanja yang boros karena cenderung ingin menikmati hidup. Jika menolong orang, cukup dengan memberi uang. Tipe Se merasa tanggung jawabnya selesai jika sudah menangani masalah dengan memberi uang.


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]

Tipe Se sesungguhnya calon orang kaya, karena memiliki kemistri terhadap harta. Hanya saja, untuk mendapatkannya tipe Se harus mampu menangkap setiap peluang yang datang. Jika ingin berhasil meraih harta dengan baik maka tipe Se harus mencari ladang untuk menanam uangnya.

Keuletan tipe Se untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang datang ibarat berladang secara musiman. Kejelian tipe ini untuk menangkap setiap peluang yang datang membuat ia begitu cekatan jika berbisnis dari proyek ke proyek. Ladang itu biasanya lebih berupa aset fisik, properti, bisnis atau franchise [waralaba], atau infrastruktur yang dikelola untuk menghasilkan pemasukan uang secara rutin.


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Dengan fungsi otot yang kuat, Mesin Kecerdasan Sensing (S) lebih senang dengan jenis pekerjaan yang memerlukan keuletan. Tipe ini memiliki stamina [tenaga otot] yang lebih hebat dibandingkan dengan tipe lainnya. Kemudian digabungkan dengan kecerdasan yang berbasiskan pancaindra, maka fungsi otot akan membuat tipe S menyukai pekerjaan berkeringat. Hal itu juga yang membuat tipe S memilih peran sebagai pasukan paling depan [front liner] ketika berada di lapangan atau di panggung dibandingkan dengan menjadi orang di belakang layar.

Jika tipe S nya dikemudikan dari luar ke dalam menjadi tipe Se akan muncul sifat lebih pemalu dan pencemas, namun berani mencoba sekaligus memanfaatkan potensi tenaganya yang sedia ada. Bahkan pada urusan untuk tampil ke depan jika ia sudah ditempa dengan latihan yang disiplin dan pengalaman justru ia merasa paling berhak untuk berada di barisan paling depan [sebagai front liner], meskipun awalnya pemalu.

Tipe Se merasa tidak punya pilihan harus berada di depan karena selain lebih sederhana juga lebih fun (menyenangkan). Tipe Se sanggup untuk bekerja keras agar dapat terpilih sebagai barisan paling depan.

Selain sanggup mengerjakan pekerjaan rutin, tipe ini juga bersedia difungsikan sebagai Front Liner dalam suatu pekerjaan. Termasuk ketika menekuni profesi seperti menjadi atlet, penyanyi, artis, pekerja, atau kalau pun menjadi pengusaha, maka tipe ini lebih merasa yakin dengan pengalamannya sehingga ia akan menangani bisnisnya memulai dari paling depan. 

[Peranan garda depan (front liner) bisa dilatih dengan cara merangkap menjadi pelaksana yang ikut serta menjadi ujung tombak organisasi atau bekerja di barisan paling depan/muka, misal memberikan demonstrasi/peragaan di hadapan teman/orang banyak, memamerkan atau menunjukkan sesuatu kepada khalayak, melayani pelanggan, dsb.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Kestabilan tipe Se dalam bekerja dan selalu terhubung dengan lingkungannya (karena lingkungan justru menjadi chargernya) serta membeli dukungan lingkungan dengan kedermawanannya maka akhirnya membuat tipe Se memiliki banyak peluang bisnis yang menjadi momentum terbaik untuk dimanfaatkan.

Kebiasaannya selalu mencari peluang [opportunity] baru terkadang tergelincir menjadi sosok yang lebih oportunistis [mengambil keuntungan untuk diri sendiri]. Namun baginya peluang bisnis harus diambil sebagai momentum untuk menghasilkan pendapatan (generate income). Hal inilah yang menyebabkan tipe Se seperti cenderung bergerak dari satu proyek ke proyek lainnya.


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Cara tipe Se dalam mempelajari sesuatu dilakukan dengan menghafal bacaan. Supaya bacaan tersebut lebih mudah dikuasai, tipe ini harus ikut menggerakkan tangannya untuk menandai bacaan-bacaan yang dianggap penting [misal, menggarisbawahi atau men-stabilo].

Tipe Se memiliki kemampuan merekam secara visual yang mengagumkan. Merekam peristiwa menjadi kelebihan dari tipe ini, apalagi ketika ia ingin mempertontonkan kebolehannya. Urutan peristiwa secara detail dapat direkam dengan saksama. Oleh karena itu, cara belajar dengan menggunakan alat peraga [alat bantu pengajaran] secara visual akan menjadi keutamaan baginya.

Namun faktor yang paling membuat tipe Se menguasai pelajaran yaitu jika ia mengulang-ulang mengerjakan latihan soal atau memecahkan masalah. Pengalaman tipe ini dalam melakukan sesuatu akan selalu menjadi bekal keberhasilannya.

Mencoba langsung dan mengalami sendiri merupakan proses belajar yang paling efektif bagi tipe Se. Bentuk-bentuk pengulangan latihan merupakan cara yang sangat baik untuk memfungsikan myelinnya.

Semakin sering dilatih, maka semakin banyak myelin yang berkembang, sehingga kemahiran dari tipe ini akan semakin meningkat. Dengan berbekal kemampuan fisik yang berbasiskan myelin, memberikan terpaan pengalaman yang spesifik akan menjadikan tipe Se memiliki tarif yang tinggi.

Cara yang paling jitu untuk mendorong tipe Se adalah dengan memberikan insentif berupa sesuatu yang nyata (tangible) [misal: uang, hadiah] [agar tekadnya muncul]. Insentif ini harus dirancang sedemikian rupa supaya terukur. Artinya jika insentif tersebut diberikan dalam jumlah yang sedikit sudah dapat memotivasi tipe ini, kenapa harus banyak-banyak. Proses motivasi pada tipe Se ini sesungguhnya mudah karena cukup dengan memberikan materi. Namun yang paling penting, perlu diukur jumlah dan waktunya yang tepat. [Terukur artinya jika tipe Se ingin mendapatkan insentif segini maka ia harus melalukan segini, layaknya salesman]

[Kalibrasi belajar menjelaskan cara me-refresh pikiran untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul ketika kita sedang belajar dan bekerja. Dengan melakukan kalibrasi, pikiran akan kembali segar sehingga kita akan kembali bersemangat dan antusias dalam belajar dan bekerja. Tiap Kepribadian Genetik (PG) memiliki cara kalibrasinya sendiri yang efektif. Kalibrasi Belajar Sensing extrovert adalah ‘Bermain’. Yang dimaksud ‘Bermain’ adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan dan membuat tertawa.  Pelaksanaan kalibrasi ‘Bermain’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara merancang kegiatan belajar dalam bentuk permainan sehingga tipe Se bisa belajar sambil bermain, atau paling tidak bangun suasana belajar yang menyenangkan. Misal, ice breaking, outbound.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar Sensing extrovert adalah inferiority, artinya dia memiliki rasa kurang percaya diri untuk maju (rendah diri). Misal, tipe Se akan berpikir “Prestasi saya kan biasa-biasa saja, jadi nggak perlu mimpi untuk ikut-ikutan kompetisi dan menjadi juara.”]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Sensing extrovert adalah tipe Feeling introvert. Jika tidak ada tipe Feeling introvert maka boleh tipe Feeling extrovert karena sama-sama MK Feeling.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Sensing extrovert adalah tipe Intuiting introvert. Jika tidak ada tipe Intuiting introvert maka boleh tipe Intuiting extrovert karena sama-sama MK Intuiting.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi
untuk tipe Se sebaiknya diarahkan pada satu diantara lima
pilihan industri berikut ini, yaitu ekonomi, sport [olahraga], kemiliteran, perhotelan, sejarah.

[Contoh profesi pada lima industri/bidang prioritas utama:]
[Ekonomi: ekonom, pengusaha]
[Olahraga: atlet, olahragawan]
[Kemiliteran: tentara, paramiliter]
[Perhotelan: hotelier, customer service]
[Sejarah: sejarawan, arkeolog]

Selanjutnya pilihan lain [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama] dari profesi yang sesuai untuk tipe Se sebagai berikut: ahli keuangan, ahli bahasa, bisnis transportasi, pedagang, entertainer, bankir, pertanahan, dokter, jurnalis, keartisan, manufacturing [pabrik], pilot, pramugari, model, aktor/aktris, salesman, perkebunan, pertanian, peternakan, administrasi, sekretaris, pustakawan, operator, pegawai/staff, penyanyi, pekerja pabrik, security, pelukis naturalis, fotografer, cameraman, presenter, penari, pekerja lapangan dalam berbagai sektor, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi patokan bagi tipe Se adalah mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: mengingat, otot,
rajin, dan tercetak.

Artinya, jurusan atau profesi yang dipilihnya didominasi oleh unsur-unsur yang memerlukan daya ingat, memerlukan otot [tenaga aerobic yang bersifat stabil dan tahan lama], mengandalkan faktor rajin untuk menguasainya [makin sering praktik dan mengulang-ulang maka makin menguasai], serta mudah membentuk dirinya ibarat mencetak lilin oleh jurusan atau profesi yang dipilihnya, karena tipe Se memang sangat bergantung pada tempaan lingkungannya [mudah dipengaruhi oleh lingkungan].

Video penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang paling direkomendasikan untuk SENSING extrovert (Se):
_________________________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang SENSING
Kata kunci: Buktikan!
  1. Fakta: Berikan fakta atau kejadian/pengalaman nyata agar dia percaya. Fakta adalah bukti nyata yang dapat diindra. 
  2. Detail: Sampaikan informasi secara terperinci agar dia tidak bertanya-tanya: apa, mengapa, bagaimana. 
  3. Berurutan: Sampaikan informasi secara bertahap (tidak langsung semuanya) dan berurutan dari awal hingga akhir agar dia mudah dalam menyerap informasi. 
  4. Harfiah: Gunakan bahasa sesuai makna asal, dan bukan bahasa kiasan, agar dia tidak salah tafsir. 
  5. Diksi: Pilih kata yang maknanya paling akurat yaitu yang paling mewakili informasi yang ingin Anda sampaikan, agar pemahaman dia persis seperti pemahaman Anda. 
  6. Straightforward: Bicaralah apa adanya, bermakna tunggal, menuju ke satu arah (tidak bercabang) yaitu ke inti pembicaraan agar dia mudah memahami.
  7. Masa kini: Berikan perhatian lebih pada masa kini, bukan masa depan, karena dia lebih mudah menerima kenyataan di masa kini daripada membayangkan masa depan.
  8. Implementasi: Orang Sensing lebih suka dan lebih mudah melaksanakan gagasan daripada membuat gagasan.
Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Sensing:

2. Ciri-ciri kepribadiannya jika kelebihannya sudah muncul:
Pelaksana Terpraktis;
Penindaklanjut Teringkas;
Stamina Terkuat;
Diesel Stabil;
Loyalis Penyabar;
Penangkap Kesempatan;
Pemilik Dermawan;
Pengingat Terbaik;
Pekerja Super Tangguh;
Pendamping Paling Setia.

3. Pelatihan Bakat:
Masalah yang muncul selama pelatihan bakat: petir kekuatannya (tekat kuatnya) hanya muncul sesekali.
Solusi: beri insentif (yang terukur) untuk memunculkan tekat kuatnya.
Pelatih yang diutamakan karena mendukung Se (coach): Fi, jika tidak ada maka Fe
Pelatih yang disegani karena menaklukkan Se (mentor): Ii, jika tidak ada maka Ie

4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat:
Habitat Alam: kawasan datar, tumbuhan satu warna
Habitat Sosial: masyarakat perkotaan
Habitat Industri: industri hiburan

5. Pasangan hidup yang paling cocok
Untuk wanita Se, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Ti, jika tidak ada Ti maka Te;
Untuk pria Se, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Fi, baru kemudian Fe.
__________________________________

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

No comments:

Post a Comment