Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Intuiting extrovert (Ie)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Ie adalah singkatan dari Intuiting extrovert. Jika huruf I berdiri sendiri maka merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan I adalah salah satu diantara 5 (lima) MK tersebut. Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi kepribadian [Kepribadian Genetik] ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi [drive] kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian, Ie sudah menjadi identitas kepribadian. I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada e yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

[Jika disebut Intuiting maka itu adalah Kecerdasan Genetik atau Mesin Kecerdasan, disingkat MK.]
[Jika disebut Intuiting extrovert maka itu adalah Kepribadian Genetik atau Personaliti (Personality) Genetik, disingkat PG.]

Mind Map INTUITING extrovert (Ie)


Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Intuiting extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indra keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya [intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berdasarkan data dan fakta yang konkret, melainkan berdasarkan informasi yang abstrak]. Sistem operasi pada tipe Ie berada di belahan otak bagian atas di sebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan [neocortex kanan] atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan abu-abu yang letaknya di bagian luar atau permukaan otak. Otak kanan lapisan abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Ie.

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang lebih longgar karena mengandung sel otak lebih sedikit. Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari luar ke dalam. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ ketika memiliki ide yang bagus dibawa mendarat ke bumi agar bisa lebih diterima oleh masyarakat atau lingkungannya. 


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin Kecerdasan Intuiting (I) sesungguhnya identik dengan perut panjang. Mereka memiliki perut yang panjang dimana di dalamnya terdapat usus yang panjang. Perut panjang tersebut rupanya merupakan ciri-ciri dari tipe I yang mengolah makanan menjadi tenaga anaerobik dan disimpan dalam otot yang berwarna putih. 

Tenaga anaerobik yang terdapat pada otot putih ini merupakan tenaga yang tidak stabil dan meledak-ledak. Itulah mengapa jenis tenaga ini akan bagus untuk melakukan sprint [lari jarak pendek] dengan kecepatan tinggi. Tenaga anaerobik merupakan tenaga yang eksplosif [meledak-ledak]. Tentu saja otot putih ini mesti sering digunakan [dan dilatih] supaya otot berkembang dan memiliki kapasitas menyimpan tenaga anaerobik yang lebih banyak. 

[Otot putih bisa dilatih dengan melakukan latihan/olahraga anaerobik di antaranya sprint (lari jarak pendek), high-intensity interval training (HIIT), strength training. Sumber:  https://en.wikipedia.org/wiki/Anaerobic_exercise]

Tipe Ie menjadi lebih tidak stabil karena ketersediaan baterai (charger) yang ada di luar dirinya menyebabkan tipe ini seperti memiliki daya ledak yang eksplosif seketika. Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang astenis (jangkung) dan tipis, tipe Ie juga memiliki kepala yang lebih pipih mengarah ke belakang sehingga memudahkan menyerap aspirasi horizontal tanpa kehilangan orientasi vertikalnya [asthenic adalah tubuh memiliki rasio yang lebih memanjang ke atas/vertikal karena memiliki perut yang lebih panjang daripada MK lain karena ususnya lebih panjang]. Hal ini dapat diibaratkan seperti alien yang mendarat ke bumi. Selain itu, pada umumnya tipe I memiliki bentuk bahu yang miring, seolah-olah ibarat roket yang dipandu oleh kepalanya, khususnya otak kanannya.

Dalam proses pencernaan, makanan secara rakus diolah oleh perut panjang dan disimpan pada otot putih dari tipe I sebagai tenaga anaerobik. Tenaga anaerobik ini memiliki kemampuan untuk melakukan sprint, yaitu bergerak secara eksplosif namun kemudian cepat habis.

Pada tipe I dengan kemudi extrovert (e) bahkan daya eksplosif tersebut menjadi cepat habis karena sumber energinya datang dari luar dan memang tidak memiliki kemampuan untuk menempuh jarak jauh [sprinter jarak pendek]. Penggunaan untuk jarak jauh hanya mungkin jika menggunakan tenaga aerobik.

Itulah mengapa orang I kurang suka main otot. Tipe ini tahu bahwa pada dirinya hanya tersedia lebih banyak otot putih dan kurang memiliki otot merah yang mengandung tenaga aerobik. Tipe I lebih suka menggunakan kepala, namun jenis kepala sebelah kanan yang tidak membuat merengut seperti kepala sebelah kiri, kepala kanan justru lebih nyeleneh.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku) kepribadian Ie mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umurnya. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah: 
1. Inspiring [mengilhami orang lain]
2. Solver [mampu menemukan solusi atas suatu masalah]
3. Benchmarker [mematok tolok ukur/standar sebagai pembanding]
4. Expressive [mengungkapkan gagasan dan perasaan]
5. Respectful [memperlakukan orang lain dengan hormat]
6. Assemblies [merakit gagasan dengan inspirasi]
7. Detective [menyelidiki, menemukan keganjilan dalam suatu pola]
8. Selective [pilah-pilih]
9. Diesel [tidak mudah tersulut oleh konflik]
10. Romantic [puitis dan mesra]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.
Sebagai pribadi yang utuh, tipe Ie memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: ibarat detektif yang hebat menginvestigasi [menyelidiki] maka ia harus berjarak dengan lingkungannya [asosial], memuja misi [gagasan] pribadinya namun enggan terbebani dengan hubungan yang mendalam [tidak intim/akrab], intuisi dan kreativitasnya meluas [karena mencakup tema, tidak hanya mencakup konsep seperti pada tipe Ii] namun ada kalanya tipe ini lari secara asketik [menahan diri dari kenikmatan duniawi] atau melakukan pesta pelampiasan [memuaskan segala hasrat]. Selain itu, tipe Ie dapat meng-assembling [merakit] ide-ide besar dengan idenya sendiri untuk menjadi lebih bernilai namun sayangnya ia bergantung pada mastermind-nya [otak kreatifnya], selalu ingin perubahan secara kontekstual [terkait situasi] dan progresif [meningkat pesat] namun tidak menyadari api permusuhan [gagasan lain] yang menentangnya. 

Oleh karena itu, tipe ini perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik, maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini akan tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang Kepribadian orang tipe INTUITING:
https://www.youtube.com/watch?v=68HGfm1pt3U


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kepribadian dari tipe Ie ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan kreativitas meruang (spatial) yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan spatial atau disebut Spa-Q (Spatial Quotient) [Spatial Quotient adalah kemampuan meruang maksudnya kemampuan untuk menciptakan hubungan antara objek dengan ruang]. 

[Spatial Quotient dalam Konsep STIFIn dapat disepadankan dengan Kecerdasan Visual dan Spasial dalam Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Kecerdasan Visual dan Spasial berarti Kecerdasan ini memiliki ketertarikan terhadap gambar. Karakteristik pemilik kecerdasan ini adalah lebih mudah menghafalkan wajah daripada nama, menyampaikan ide atau pendapat dengan sketsa, dan memiliki kompetensi untuk kreatif dan imajinatif dalam segala hal. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_kecerdasan_majemuk]

[Pelatihan bakat meruang (spatial quotient) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membayangkan. Bakat meruang bisa dilatih dengan bermain bongkar pasang (lego), membuat maket (tiruan tiga dimensi dalam skala kecil), mengambil dan mengedit foto, merekam dan mengedit video, merancang gambar arsitektur, dll.]

Tipe Ie memiliki kelebihan yang berfungsi otomatis dalam cara kerjanya, yaitu terbiasa berinovasi diantara ruang gerak yang terbuka di sekitar lingkungannya. Inovasi [innovation] berarti menciptakan peluang baru dalam berbisnis. Kelebihan dari tipe ini dalam mempertemukan inovasi baru dengan kehendak kekinian yang boleh jadi masih tersimpan dalam bentuk potensi, menyebabkan ia menjadi pembaharu inovatif yang lebih diterima masyarakat [innovation secara umum adalah kemampuan memperbarui dari sesuatu yang sudah ada menjadi lebih bermutu/lebih baik].  

Meskipun demikian, tipe Ie tidak menyerah begitu saja dengan kemauan pasar, akan tetapi mengajak pasar kepada sesuatu yang baru. Pada saat yang sama, tipe ini mampu mengukur dan membawa orientasi pasar pergi sejauh yang masih mampu dijangkau. Pada bagian itulah tipe Ie mampu meng-assembling ide murni menjadi ide pasar. Tipe ini mampu meng-assembling berbagai ide untuk dirakit ulang menjadi ide baru yang berorientasi pasar.

Dalam hal mengelola keuangan, tipe Ie merasa ada sesuatu yang salah jika tidak punya uang untuk berinvestasi pada kemajuan dirinya. Selalu ada alokasi untuk membeli masa depannya. Ia selalu berpikir kemajuan yang dibelanjakan dari sekarang.


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan tentang Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]
Jalur keberhasilan tipe Ie adalah jalur kata. Karena kemistri kata akan selalu melekat kepadanya. Kata yang berupa ilmu dan gagasan merupakan panggilan jiwa dari tipe ini. Seseorang dengan tipe Ie memiliki kemampuan mendatangkan kata karena memiliki radar untuk menangkap kata. Begitu juga sebaliknya, kata juga akan lebih suka datang kepada tipe ini. Kata telah menjadi pasangan hidup bagi tipe Ie.

Akan tetapi, kata yang diperoleh tipe ini harus didaratkan di bumi dengan jalan mengolahnya menjadi ide [gagasan] yang membumi dan dapat diwujudkan sesuai keperluan pasar. Oleh karena itu, tingkat keberhasilan mendaratkan kata bagi tipe ini yaitu jika kata tersebut dapat diolah menjadi aktivitas bisnis.

Wujud keberhasilan bagi tipe Ie adalah jika idenya dapat ditransformasi menjadi bisnis. Aktivitas bisnis ini sesungguhnya merupakan wadah yang tidak hanya berfungsi untuk mengkonkretkan idenya, tetapi juga untuk mengkapitalisasi asetnya. Semakin banyak tipe ini memiliki ide dan aset diri yang dikapitalisasi menjadi aktivitas bisnis, maka semakin cemerlang hidupnya.

[Bisnis adalah monetisasi karya yaitu mengkonversi karya menjadi sumber pemasukan dari pelanggan. Kapitalisasi aset adalah mengubah aset menjadi modal, dan dengan modal itu karyanya bisa diwujudkan kepada pelanggan. Aset ini berupa apapun yang dapat ia manfaatkan baik berwujud maupun tidak berwujud, ia kuasai maupun ia tidak kuasai.]


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Dengan fungsi kepala kanan yang bagus, tipe I lebih menyukai pekerjaan-pekerjaan berkelas yang membutuhkan kualitas yang bersumber dari sumberdaya kreativitas yang dimilikinya. 

Jika digabungkan dengan kecerdasan yang berbasiskan indra keenam, maka fungsi kepala kanan akan membuat tipe I lebih menyukai pekerjaan-pekerjaan necis yang tidak kotor oleh keringat. Hal itu juga yang membuat tipe I memilih peran sebagai sutradara di belakang layar, yang memberi ide dan inspirasi kepada para pemain di lapangan atau di panggung.  

Jika tipe I dikemudikan dari luar -menjadi tipe Ie- akan muncul sifat ingin selalu berinovasi dengan jenis inovasi yang bisa diterima oleh lingkungannya. Hal tersebut membuat tipe Ie menyukai peran sebagai seorang reformer (pembaharu) [perombak/pembaru] yang membawa ide murni sebagai sumber perubahan, namun diassembling [dirakit] dengan selera pasar. 

Kemampuan tipe ini menangkap bahasa langit atau memprediksi kejadian, menangkap ide, dan kemudian dibenturkan dengan kenyataan yang ada di bumi, menjadikan tipe Ie lebih yakin dalam berbisnis.

Selain itu, tipe Ie memiliki daya assembling untuk mempertemukan antara kemurnian dan kenyataan, sehingga menjadikan tipe ini lebih berani mengambil risiko. Hal itulah yang membuat tipe Ie sangat berminat menjadi pengusaha atau pebisnis yang sejatinya berani menghadapi risiko gagal.

[Peranan pembaru (reformer) bisa dilatih dengan cara menata ulang suatu hal, melakukan peningkatan secara berkelanjutan pada suatu hal, membongkar dan menyusun ulang suatu hal menjadi lebih baik lagi, menjadi music arranger, menjadi editor film, dsb.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Kegemaran tipe Ie untuk berinovasi, memerlukan ruang gerak yang leluasa untuk mematangkan idenya. Tipe ini akan merasa hampa jika tidak bisa mencipta sesuatu [yang bermutu/quality] untuk lingkungannya. 

Harapan dari tipe Ie yaitu ingin selalu bertumpu pada kesempatan untuk mencipta dan berinovasi [merakit kreatif/assembling] sehingga ruang bisnis di sekitarnya berhasil diwarnainya dengan aneka pembaharuan.


Arah Merek

[Bab Arah Merek menjelaskan tentang Arah Merek.]
[Arah Merek adalah citra diri yang sebaiknya diingat oleh orang banyak dari tipe PG ini.]

Ukuran keberhasilan tipe Ie terletak pada bisnis yang dijalankannya. Basis bisnis tipe ini bukanlah datang dari kerja keras melainkan kerja kreatif yang menghasilkan nilai tambah [value added] yang besar. Sehingga wajar jika karya cipta tersebut dijual pada pasar berkelas dengan harga tinggi. Otomatis tipe ini akan memiliki marjin [keuntungan] yang tinggi.

Dengan kemampuan kreativitas [ide murni dari dalam dirinya], diolah menjadi inovasi, dimatangkan dengan proses assembling, baik ide-ide lain [ide dari luar dirinya] ataupun di-assembling dengan ekspektasi pasar, maka akhirnya sosok dari tipe Ie sangat layak diberi merek sebagai pencipta marjin keuntungan bisnis

Tipe Ie dapat ditantang untuk memenangkan persaingan di pasar ‘lautan merah’ yang berdarah-darah. Selain itu, tipe ini memiliki kemampuan menciptakan peta persaingan baru di pasar ‘lautan biru’ yang belum terjamah.

Naluri bisnis tipe Ie memiliki karakter dan optimisme yang kuat untuk bermain di pasar berkelas. Tipe ini yakin bahwa kreativitas, inovasi, dan kemampuan assemblingnya membuatnya pantas mendapatkan marjin yang tinggi.


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Proses belajar dari tipe Ie cenderung lebih cepat dari usianya. Dalam proses belajarnya, tipe ini justru selalu mencoba mencari tema [pokok bahasan] di balik buku yang dibacanya. Selain itu, tipe ini akan mampu menemukan konsep yang tersembunyi dari apa yang dipelajarinya, melebihi kemampuan jenis-jenis kecerdasan yang lain. Oleh karena itu, jika ingin membuat tipe Ie belajar dengan baik, maka ia harus dipermudah dalam merumuskan tema yang sedang dipelajari.

Supaya kemampuan kreatif dari tipe Ie menyala, maka perlu difasilitasi dengan alat peraga bongkar pasang [contoh mainan semacam lego]. Kecerdasan spasial dari tipe ini akan merekam hal tersebut menjadi pelajaran yang kreatif.

Tipe Ie mampu membumi dan beradaptasi, sehingga ia juga perlu diberikan cara belajar sebagaimana kebanyakan orang, yaitu dengan melatih soal untuk mendapatkan pengalaman yang terpola 
dalam pikirannya [pola kesamaan, pola perbedaan, dan pola kecenderungan dalam beragam soal]. 

Untuk memotivasi tipe Ie haruslah seseorang yang lebih kreatif dari dirinya. Yang diperlukan oleh tipe ini memang sesuatu yang sukar dan mahal, yaitu ruang gerak sesuai dengan minatnya. Sementara minat dari tipe Ie adalah di bidang kreatif yang senantiasa berubah.

Menciptakan ruang gerak yang seperti itu terkadang tidak terdapat di sekolah dan di tempat kursus. Seringkali orang tua harus mendesain sendiri untuk memastikan minat dari tipe Ie tergembleng [dibina] secara maksimal dan naik dari satu tahap ke tahap yang lain tanpa ia kehilangan semangatnya.

[Kalibrasi belajar menjelaskan cara me-refresh pikiran untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul ketika kita sedang belajar dan bekerja. Dengan melakukan kalibrasi, pikiran akan kembali segar sehingga kita akan kembali bersemangat dan antusias dalam belajar dan bekerja. Tiap Kepribadian Genetik (PG) memiliki cara kalibrasinya sendiri yang efektif. Kalibrasi Belajar tipe Intuiting extrovert adalah ‘Menonton’. Yang dimaksud ‘Menonton’ adalah menyaksikan seperti video, film, dan pertunjukan/teater. Pelaksanaan kalibrasi ‘Menonton’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara menyisipkan kegiatan menonton sesuatu (misal video pendek dan film dokumenter) yang bisa menghadirkan hasrat ingin tahu dan inspirasi dalam kegiatan belajar.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar tipe Intuiting extrovert adalah Fantasi, artinya dia memiliki daya khayal yang kuat sehingga enggan hadir di masa kini untuk mewujudkan khayalannya. Misal, tipe Ie akan membayangkan “Teater seperti ini pasti akan luar biasa jika dikolaborasikan dengan reality show dan ini pasti bisa dilakukan.” Fantasi bisa juga diartikan dia menyalurkan kegagalan dalam bentuk imajinasi kesuksesan sehingga dia tidak mengambil pelajaran dari kegagalannya, misal “Seandainya saya juara maka saya pasti bisa terkenal, kaya raya, dan seterusnya.”]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Intuiting extrovert adalah tipe Insting.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Intuiting extrovert adalah tipe Thinking introvert. Jika tidak ada tipe Thinking introvert maka boleh tipe Thinking extrovert karena sama-sama MK Thinking.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi untuk tipe Ie sebaiknya diarahkan pada satu di antara lima pilihan industri berikut ini yaitu kewirausahaan/investasi, pendidikan/pelatihan, 
sastra, sinematrografi, spionase/kepolisian.

[Contoh profesi pada lima industri/bidang prioritas utama:]
[Kewirausahaan/investasi: pengusaha, investor]
[Pendidikan/Pelatihan: guru, dosen, trainer/instruktur]
[Sastra: sastrawan, penulis fiksi, penyair]
[Sinematografi: sutradara, videographer, fotografer]
[Spionase/Kepolisian: polisi, detektif, intelijen, kriminolog]

Selanjutnya pilihan lain [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama] dari profesi yang sesuai untuk tipe Ie sebagai berikut: marketer/iklan agency, lifestyle/mode, bisnis-penerbangan, bisnis agro-forestry, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, fisikawan quantum, pencipta lagu, reengineering, proyeksi, peramal bisnis, pemain saham, investor, filosof, pakar pembelajaran/pemodul, event organizer, produsen, disainer, ahli kreatif berbagai bidang, arsitek, sutradara, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, atlet (spinter/pertandingan), pelatih olahraga pertandingan, penyembuh, cenayang, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi patokan bagi tipe Ie adalah mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: mengarang, perut panjang, perubahan, dan rakitan.   

Artinya, jurusan atau profesi yang dipilihnya didominasi oleh unsur-unsur yang memerlukan kreativitas, mengandalkan tenaga anaerobik (karena perutnya panjang) yaitu tenaga tidak stabil yang melompat-lompat dan meledak-ledak, jenis jurusan atau profesi yang memiliki jiwa perubahan, dan memiliki ciri merakit atau mendaratkan ide brilian yang datang dari langit untuk didaratkan ke bumi sesuai keadaan masyarakat atau selera pasar.

Video penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang direkomendasikan untuk Intuiting extrovert (Ie):
https://www.youtube.com/watch?v=-V-ctb2I-WE
_________________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang INTUITING
Kata kunci: Bayangkan!
  1. Membayangkan: Orang Intuiting lebih mudah memahami informasi dengan membayangkan/berimajinasi.
  2. Gambarang Besar: Berikan perhatian lebih pada konsep atau gambaran besar. Bicarakan hal-hal besar dan strategis agar mereka tertarik pada pembicaraan.
  3. Masa Depan: Berikan perhatian lebih pada masa depan, bukan masa kini.
  4. Konsep: Jangan berikan hal-hal detail. Namun, sampaikan konsepnya (dasar, prinsip, pokok) agar mereka mudah mengingatnya. Jika terdapat pengecualian maka sampaikan di akhir.
  5. Teoritis: Orang Intuiting lebih perhatian pada teoritis/idealnya daripada realita/kenyataannya.
  6. Bahasa Kiasan: Gunakan bahasa kiasan, seperti Asosiasi, Metafora, Alegori, Simbolik.
  7. Hasrat: Berikan sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang tidak terlihat/tersembunyi agar rasa ingin tahunya muncul sehingga dia tertarik pada pembicaraan.
  8. Kemungkinan: Berikan sejumlah kemungkinan. Atau, minta mereka menciptakan kemungkinan beserta konsekuensinya. Lalu, bantu mereka untuk fokus memilih satu.
Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Intuiting:

2. Ciri-ciri kepribadian orang Ie jika kelebihannya sudah muncul:
Penggarap Terpola;
Penemu Terkreatif;
Pencari Solusi Terbaik;
Kapitalisator Potensi;
Penjelajah Konsep Terbaru;
Pendeteksi Paling Intuitif;
Assembler Kreatif;
Pasangan Paling Romantis;
Penyelaras Sistemik;
Perangkai Masalah Tercepat.

3. Pelatihan Bakat
Masalah yang muncul saat pelatihan bakat: optimisme yang meremehkan persiapan
Solusi: penjabaran big picture menjadi tahapan komitmen
Pelatih yang diutamakan karena mendukung Ie (coach): In
Pelatih yang disegani menaklukkan Ie (mentor): Ti, jika tidak ada maka Te

4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat
Habitat Alam: pohon besar-besar, temperatur agak hangat
Habitat Sosial: masyarakat seniman
Habitat Industri: industri kreatif

5. Pasangan hidup yang paling cocok
Untuk wanita Ie, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Fi, jika tidak ada Fi maka Fe;
Untuk pria Ie, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Insting.
__________________________________

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

No comments:

Post a Comment