Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Feeling introvert (Fi)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Fi adalah singkatan dari Feeling introvert. Jika huruf F berdiri sendiri maka merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan F adalah salah satu di antara 5 (lima) MK tersebut. Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi [drive] kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian, Fi sudah menjadi identitas kepribadian. F ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

[Jika disebut Feeling maka itu adalah Kecerdasan Genetik atau Mesin Kecerdasan, disingkat MK.]
[Jika disebut Feeling introvert maka itu adalah Kepribadian Genetik atau Personaliti (Personality) Genetik, disingkat PG.]

Mind Map FEELING introvert (Fi)


Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Feeling introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan emosi atau perasaan yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya. Sistem operasi pada tipe Fi berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kanan atau disebut sebagai limbik kanan. Pada limbik kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam. Limbik kanan lapisan putih itulah yang menjadi sistem operasi tipe Fi. [Perasaaan adalah pengalaman subyektif yang berada pada alam sadar sebagai reaksi dari emosi. Karena bersifat subyektif maka perasaan tiap orang bisa berbeda terhadap emosi yang sama. Emosi adalah keadaan fisik yang muncul sebagai respons terhadap rangsangan dari luar, contoh emosi adalah marah, senang, takut, sedih, terkejut, jijik, tidak suka.]

Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak. Kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat 
kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ menjadi seolah tidak berhenti untuk tebar pesona atau memancarkan kharismanya sebagai pemimpin. 


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin Kecerdasan Feeling (F) sesungguhnya identik dengan pernafasan. Tipe ini memiliki kapasitas pernafasan yang besar. Kapasitas pernafasan yang kuat tersebut disebabkan tipe F memiliki mesin yang besar, yaitu berupa jantung dan paru-paru yang besar. Dengan mesin yang besar, tipe ini dapat memompa oksigen yang lebih banyak ke dalam darah, terlebih lagi tipe F dengan kemudi introvert (i). 

Tipe Fi ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya, sehingga menyebabkan tipe ini seperti memiliki kekuatan emosi yang lebih kuat. Bentuk (konstitusi) fisik tipe F secara umum disebut sebagai displastik [dysplastic], karena mesin yang besar tersebut didukung oleh tulang yang kecil sehingga bawaannya terasa berat. 

Dengan mesin besar, maka bentuk badan dari tipe Fi terlihat lebar dan tebal. Akibatnya, bagian punggung dari tipe ini seperti lebih sulit digerakkan (disebut displastik). Pada tipe Fi yang memiliki charger baterai di dalam, maka daya pancar emosi tipe ini pun lebih kuat. Secara fisik tipe ini dapat menggunakan pernafasan dalam yang bersumber dari paru-parunya.

Oleh karena itu, kekuatan pernafasan dari mesin yang besar tersebut dapat digunakan untuk jenis olahraga yang memerlukan stamina jarak jauh dan jangka panjang seperti lari marathon.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku) kepribadian Fi mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umurnya. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah: 
1. Influencing [mampu memengaruhi orang lain]
2. Idealistic [menaruh perhatian pada cita-cita]
3. Leader [memimpin orang]
4. Kindful [lembut dan baik hati]
5. Reflective [merenung, berbicara ke dalam diri]
6. Popular [disukai dan dikenal orang banyak]
7. Convincing [mampu meyakinkan orang lain]
8. Promoter [menyebarluaskan gagasan ke orang banyak untuk mencari dukungan]
9. Diplomatic [berbicara dan bersikap secara halus dan bijak]
10. Friendship-appeal [bersahabat, enak diajak berteman]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.
Sebagai pribadi yang utuh, tipe Fi memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: semangat tinggi namun dibalik itu ingin dimanja dan diperhatikan, perkataannya halus dan lembut namun terkadang bisa juga menyengat [menyakiti perasaan], pemimpin yang berkharisma [memiliki pengaruh yang kuat] namun kebiasaaan buruknya mudah tersinggung. Selain itu, tipe ini suka menolong namun menghitung nilai balas budi [mengungkit pemberian, mengharapkan dukungan], komunikator yang mempengaruhi orang lain namun komitmen terhadap ajarannya [visinya] lemah, mampu berempati namun terkadang lamban beraksi [karena banyak bicara]. 

Oleh karena itu, tipe ini perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik, maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini akan tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang Kepribadian orang tipe FEELING:
https://www.youtube.com/watch?v=3He5uHVwXJg


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kepribadian dari tipe Fi memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan emosi yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan emosi atau disebut EQ (Emotional Quotient) [Emotional Quotient adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain]. 

[Emotional Quotient dalam Konsep STIFIn dapat disepadankan dengan Kecerdasan Intrapersonal dalam Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Kecerdasan Intrapersonal berarti Karakteristik pemilik kecerdasan ini adalah cerdas dalam memahami diri sendiri, lebih suka menyendiri, suka merenung segala hal yang penting, suka membuat catatan penting, suka menulis diary [catatan harian]. Kecerdasan ini dimiliki oleh seseorang yang selalu berpikir realistis, biasanya orang seperti ini senang memikirkan masa depan dan cita-citanya. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_kecerdasan_majemuk]

[Pelatihan bakat emosi (emotional quotient) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami perasaan orang lain. Bakat emosi bisa dilatih dengan sering berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, mengendalikan mood (suasana hati) diri sendiri ketika terjadi hal yang tidak menyenangkan, memengaruhi mood orang lain agar mood mereka membaik, mendengarkan curhatan/keluhan/aspirasi orang lain, merenungkan aspirasi yang telah ditangkap, dll.]

Dengan kekuatan pernafasan yang panjang, tipe ini memiliki potensi kekuatan mental yang lebih baik, mampu mendengar bahasa hati orang lain lebih lama. Tipe ini bahkan mampu menjaga perasaan dan berempati lebih baik dari orang lain. Selain itu, tipe F umumnya seperti memiliki kadar cinta yang lebih banyak, baik untuk mencintai ataupun dicintai. Pancaran kekuatan emosinya menjadikan tipe ini disukai oleh banyak orang (populer). Kepopuleran [popularity] dari tipe ini merupakan kelebihannya.  

Dalam hal pengelolaan keuangan, tipe Fi terlihat sangat bossy (seperti juragan). Ia mudah menolong orang lain dengan harapan itu akan memperkuat posisinya sebagai pemimpin. 


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan tentang Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]

Jalan keberhasilan dari tipe Fi ditentukan oleh kemampuannya membuat platform untuk memperkuat pengaruh [pengaruh terutama dalam hal visi]. Dengan platform itulah sosok bertipe Fi akan memiliki posisi tawar yang tinggi. Penting untuk digarisbawahi bahwa platform yang dibentuk oleh tipe ini seringkali platform yang diikat secara emosional [agar visinya memiliki pengaruh yang kuat]. [Platform adalah serangkaian nilai yang melandasi visi. Nilai-nilai tersebut mesti memiliki ikatan emosional agar visinya memiliki pengaruh yang kuat kepada orang banyak]

Oleh karena itu, sejak awal setup platform dari tipe Fi tersebut harus didesain secara masak-masak agar dapat mewadahi visi yang diperjuangkannya. Tentu saja platform ini akan mudah runtuh jika tidak diberi energi positif yang maksimal. Apalagi jika platform tersebut senantiasa berubah-ubah demi kepentingan pragmatis.

Padahal, membangun platform visioner itu memakan masa yang panjang. Meskipun tipe Fi memiliki kemistri cinta, ia mesti mengikat kemistri cinta itu dengan sesuatu yang berdampak jangka panjang. Dalam menggunakan kekuatan kharismanya, tipe ini menebarkan pengaruh -terutama dalam hal visi- untuk mendapatkan cinta dari pengikutnya. Oleh karena itu, visi tersebut mesti diberi jiwa (sentuhan emosi) supaya lebih banyak orang yang terikat dengan kepemimpinannya.


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Kecerdasan emosi dari tipe Fi menjadikannya matang secara emosional dan menjadi kaya hati sehingga mudah berbagi kasih sayang dengan orang lain. Faktor kekuatan emosional inilah yang membuat tipe ini merasa terpanggil untuk menjadi pemimpin [leader]. Dengan pancaran energi yang datang dari dalam untuk menyebarkan kekuatan emosi, tipe Fi memang layak menjadi pemimpin. 

Jika tipe F dikemudikan dari dalam -menjadi tipe Fi- akan muncul sifat lebih percaya diri dan seolah bekal kekuatan emosinya tidak habis karena didorong dari dalam dirinya. Hal itu mengakibatkan tipe Fi merasa nyaman menjalankan fungsi kepemimpinannya.  

[Peranan pemimpin (leader) bisa dilatih dengan cara menjadi pimpinan di suatu kelompok/organisasi, misal ketua kelompok belajar, presiden organisasi mahasiswa, kapten tim olahraga, direktur utama di perusahaan, dsb. Atau, meski tidak memiliki jabatan pimpinan secara resmi namun berupaya memengaruhi dan mengarahkan orang-orang untuk mencapai sesuatu.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Dengan modal kepemimpinan tipe Fi yang kharismatik dan terpancar dari dalam, keseharian dari tipe ini selalu menebarkan pesona [pengaruh dalam hal visi]. Ketika kepemimpinan [leading] tipe Fi diterima oleh lingkungan sekitar, maka hal tersebut sesuai dengan pengharapannya. Aktualisasi diri dari tipe ini terjadi jika ia memiliki fungsi kepemimpinan. Bahkan jika tidak mendapatkannya, tipe ini akan terus akan mencari jalan untuk kemudian dikukuhkan sebagai pemimpin. 
 
Dengan modal kepemimpinan inilah tipe Fi menawarkan idealisme baru. Biasanya tipe Fi memang merupakan seorang ideolog yang memiliki pandangan visioner [visi adalah pandangan jauh ke depan]. Sumber ideologi tipe ini datang dari kematangan emosinya yang sejalan dengan jiwa perjuangannya. Kekuatan emosi dari tipe ini, yaitu memahami kedalaman jiwa dari masyarakat, perlu diperjuangkan oleh dirinya. Hal inilah yang membuat tipe Fi menargetkan visi [vision] tertentu untuk diperjuangkan bersama [pengikutnya atau masyarakat]. 

Salah satu jalan untuk memelihara pengaruh dari tipe Fi ialah dengan berkontribusi pada pengikutnya. Sebagai konsekuensi dari kasih sayang kepada pengikutnya, tipe ini kerap kali mengulurkan tangannya untuk membantu pengikutnya.


Arah Merek

[Bab Arah Merek menjelaskan tentang Arah Merek.]
[Arah Merek adalah citra diri yang sebaiknya diingat oleh orang banyak dari tipe PG ini.]

Kekuatan kepemimpinan dari tipe Fi sekaligus menjadi merek bagi dirinya. Tipe ini diberi merek sebagai sosok yang memiliki kepemimpinan yang baik. Untuk memiliki merek seperti ini, tipe Fi tidak harus secara formal memimpin suatu organisasi tertentu, namun secara informal pun, merek kepemimpinan tersebut melekat pada dirinya.

Jika tipe Fi tidak memiliki merek kepemimpinan, maka ia seperti tercerabut [terlepas] dari akar. Hal ini dapat diartikan bahwa sumber kekuatan utama dari tipe ini dalam memancarkan emosi kasih sayang ke masyarakatnya, macet. 


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Proses belajar yang baik bagi tipe Fi adalah menjadi pendengar yang baik meskipun ia begitu tergoda untuk berbicara. Tipe Fi suka ngomong dan menebar pesona dengan omongannya. Namun tipe ini akan belajar lebih banyak jika ia mendengar. Maka ketika hadir di dalam kelas, ia cukup berkonsentrasi mendengarkan penjelasan dari gurunya.

Jika perlu, penjelasan tersebut direkam dengan MP3 dan didengarkan berulang-ulang, sampai tipe ini mendapatkan ‘feel’-nya. Bagi tipe Fi, memang sulit berkonsentrasi dalam durasi yang lama. Tipe ini sering terbawa pada suasana emosinya. Hasil rekaman yang didengarkan ulang itu membuat tipe ini mendapatkan gambaran secara keseluruhan. Pendek kata, tipe F pada umumnya memang harus belajar menggunakan telinganya.

Motivasi belajar dari tipe Fi akan naik seiring dengan mood [suasana hati]. Namun begitu, jika tipe ini sedang mood, maka seperti tidak ada yang dapat menghentikannya. Jika sedang semangat akan terlihat sekali, namun jika sedang malas, maka tipe ini akan susah untuk memulai kembali. Oleh karena itu, perlu ditempelkan [diberikan] sentuhan emosi setiap kali tipe ini merasa sedang kehilangan mood. Motivasi yang naik turun tergantung pada kondisi emosi sesaat. Permainan perasaan untuk memelihara tingkat motivasi dari tipe F memang membutuhkan kesabaran yang luar biasa [motivasi adalah dorongan yang membuat seseorang melakukan atau tidak melakukan sesuatu].

[Kalibrasi belajar menjelaskan cara me-refresh pikiran untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul ketika kita sedang belajar dan bekerja. Dengan melakukan kalibrasi, pikiran akan kembali segar sehingga kita akan kembali bersemangat dan antusias dalam belajar dan bekerja. Tiap Kepribadian Genetik (PG) memiliki cara kalibrasinya sendiri yang efektif. Kalibrasi Belajar tipe Feeling introvert adalah ‘Curhat’. Yang dimaksud ‘Curhat’ adalah bercerita tentang apa yang telah dirasakan atau dialami. Pelaksanaan kalibrasi ‘Curhat’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara menyisipkan sesi sharing atau bercerita (bercerita tentang pengalaman atau lainnya) baik sebagai kegiatan belajar maupun pada saat jeda/istirahat. Ketika tipe Fi curhat, pendengar cukup menyimak curhatan dia tanpa perlu banyak berkomentar.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar tipe Feeling introvert adalah Regresi, artinya terkadang pikirannya berjalan mundur mendatangi kejadian lama yang menyakiti hatinya. Hal ini membuat mood mereka memburuk sehingga mereka menjadi enggan belajar. Misal, tipe Fi akan berpikir “Saya selalu sedih kalau mengerjakan ini karena dahulu waktu saya belajar ini saya mengalami kejadian ini.”]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Feeling introvert adalah tipe Intuiting extrovert. Jika tidak ada tipe Intuiting extrovert maka boleh tipe Intuiting introvert karena sama-sama MK Intuiting.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Feeling introvert adalah tipe Insting.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi untuk tipe Fi sebaiknya diarahkan pada satu diantara empat pilihan industri berikut ini, yaitu: politik, kepemerintahan, hukum, kesenian.

[Contoh profesi pada empat industri/bidang prioritas utama:]
[Politik: politisi, presiden, anggota legislatif]
[Kepemerintahan: menteri, direktur jenderal, gubernur, birokrat]
[Hukum: advokat/pengacara, hakim, jaksa]
[Kesenian: seniman murni, seniman budaya, pelukis, penari tradisional]

Selanjutnya pilihan lain [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/ cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama] dari profesi yang sesuai untuk tipe Fi sebagai berikut: psikolog, komunikasi, diplomat, humas, promotor, investor, negarawan, trainer/public speaker, administrasi negara, seniman, budayawan, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikiater, counselor, ideolog, personalia, lawyer, birokrat, aktivis, atlet maraton, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi patokan bagi tipe Fi adalah mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: merasakan, pernafasan, memimpin, dan dicintai.    

Artinya, jurusan atau profesi yang dipilih oleh tipe ini perlu didominasi oleh unsur-unsur yang membutuhkan keterlibatan emosi (termasuk kemampuan berkomunikasi dari hati ke hati), secara fisik memerlukan nafas yang panjang atau semangat yang tinggi sehingga bisa bekerja atau bertanding secara marathon, jurusan/profesi yang melibatkan kharisma kepemimpinan, serta dapat mengeluarkan jurus-jurus tebar pesona supaya tipe ini dicintai lebih banyak orang.

Video penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang direkomendasikan untuk Feeling introvert (Fi):

_______________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang FEELING
Kata kunci: Rasakan atau Pahami!
  1. Mood (suasana hati): Kenali kondisi mood-nya. Dan bicaralah secara halus, sambil memberikan perhatian dan pujian, tersenyum ramah, memandang lembut, dan membelai hangat agar suasana hati mereka membaik.
  2. Basa-basi: Jangan bicara langsung ke inti pembicaraan. Tapi, awali dengan basa-basi agar mereka merasa nyaman.
  3. Jangan Menolak: Jangan langsung mengatakan TIDAK jika gagasan mereka berseberangan dengan Anda karena itu hanya membuat mereka makin menjauh.
  4. Memahami: Katakan bahwa Anda memahami mereka karena orang Feeling ingin dimengerti.
  5. Menghargai: Hargai dan puji gagasan mereka sekecil apapun itu agar mereka makin bersemangat.
  6. Kesamaan Pandangan: Katakan bahwa Anda memiliki gagasan yang sama dengan mereka agar mereka yakin Anda di pihak mereka.
  7. Teladan: Pastikan hati, lisan, dan tindakan Anda sudah selaras sehingga nasihat Anda didengar mereka.
  8. Nama Orang: Gunakan nama orang yang diidolakannya untuk mendukung gagasan Anda. Karena mereka belajar melalui idola mereka.
Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Feeling:

2. Ciri-ciri kepribadian orang Fi jika kelebihannya sudah muncul:
Figur Berpengaruh;
Paling Terpanggil Memimpin;
Pemberi Semangat;
Sosok Berkharisma;
Komunikator Persuasif;
Pekerti Terhalus;
Pengarah Paling Bijak;
Pecinta Terdalam;
Atasan Paling Manusiawi;
Pengayom Terhebat.

3. Pelatihan Bakat
Masalah yang muncul saat pelatihan bakat: nafsu besar mengalahkan fokus
Solusi: memberi sentuhan emosi kepada fokusnya
Pelatih yang diutamakan karena mendukung Fi (coach): Ie, jika tidak ada maka Ii
Pelatih yang disegani karena menaklukkan Fi (mentor): In

4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat
Habitat Alam: pegunungan pedalaman
Habitat Sosial: masyarakat kekeluargaan
Habitat Industri: industri pendidikan

5. Pasangan hidup yang paling cocok
Untuk wanita Fi, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Se, jika tidak ada Se maka Si;
Untuk pria Fi, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Ie, baru kemudian Ii.
__________________________________

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

No comments:

Post a Comment