Pages

Penjelasan Hasil Tes STIFIn: Intuiting introvert (Ii)

Catatan: Teks dalam tanda kurung kotak […] merupakan tambahan penjelasan dari penulis blog ini, teks selain itu merupakan penjelasan resmi dari STIFIn.


Pengantar

Ii adalah singkatan dari Intuiting introvert. Jika huruf I berdiri sendiri maka merupakan identitas sebagai Mesin Kecerdasan (MK). Menurut konsep STIFIn, ragam Mesin Kecerdasan hanya ada 5 (lima), dan I adalah salah satu di antara 5 (lima) MK tersebut. Identitas Mesin Kecerdasan berubah menjadi kepribadian [Kepribadian Genetik] ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi [drive] kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian, Ii sudah menjadi identitas kepribadian. I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar daripada i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

[Jika disebut Intuiting maka itu adalah Kecerdasan Genetik atau Mesin Kecerdasan, disingkat MK.]
[Jika disebut Intuiting introvert maka itu adalah Kepribadian Genetik atau Personaliti (Personality) Genetik, disingkat PG.]

Mind Map INTUITING introvert (Ii)



Sistem Operasi Otak

[Bab Sistem Operasi Otak menjelaskan tentang Sistem Operasi Otak.]
[Sistem Operasi Otak adalah Belahan Otak dominan dan Lapisan Otak dominan.]

Pengertian sederhana dari Intuiting introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indra keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya [intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berdasarkan data dan fakta yang konkret, melainkan berdasarkan informasi yang abstrak]. Sistem operasi pada tipe Ii berada di belahan otak bagian atas di sebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan [neocortex kanan] atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan tersebut -yang menjadi kemudi kecerdasan dari tipe ini- berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam. Otak kanan lapisan putih itulah yang menjadi sistem operasi tipe Ii.

Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak. Kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ ketika memiliki ide yang bagus seperti diberi mesin roket untuk terbang ke angkasa bersama ide tersebut.


Tipologi Fisik

[Bab Tipologi Fisik menjelaskan tentang Konstitusi Jasmani, Kekuatan Jasmani, dan Fungsi Tubuh.]
[Konstitusi Jasmani adalah bentuk tubuh secara keseluruhan.]
[Kekuatan Jasmani adalah bagian tubuh yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Fungsi Tubuh adalah faal/kerja bagian tubuh yang unggul.]

Mesin Kecerdasan Intuiting (I) sesungguhnya identik dengan perut panjang. Mereka memiliki perut yang panjang dimana di dalamnya terdapat usus yang panjang. Perut panjang tersebut rupanya merupakan ciri-ciri dari tipe I yang mengolah makanan menjadi tenaga anaerobik dan disimpan dalam otot yang berwarna putih.

Tenaga anaerobik yang terdapat pada otot putih ini merupakan tenaga yang tidak stabil dan meledak-ledak. Itulah mengapa jenis tenaga ini akan bagus untuk melakukan sprint [lari jarak pendek] dengan kecepatan tinggi. Tenaga anaerobik merupakan tenaga yang eksplosif [meledak-ledak]. Tentu saja otot putih ini mesti sering digunakan [dan dilatih] supaya otot berkembang dan memiliki kapasitas menyimpan tenaga anaerobik yang lebih banyak.

[Otot putih bisa dilatih dengan melakukan latihan/olahraga anaerobik di antaranya sprint (lari jarak pendek), high-intensity interval training (HIIT), strength training. Sumber:  https://en.wikipedia.org/wiki/Anaerobic_exercise]

Tipe Ii terlebih lagi karena ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya menyebabkan tipe Ii seperti memiliki daya ledak yang kuat. Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang astenis (jangkung) tebal, orang Ii juga memiliki tubuh sebagai penunjang bagi kepalanya untuk pergi terbang jauh bersama gagasannya [asthenic adalah tubuh memiliki rasio yang lebih memanjang ke atas/vertikal karena memiliki perut yang lebih panjang daripada MK lain karena ususnya lebih panjang]. Oleh karena itu, pada tipe I secara umum sering kali memiliki bentuk bahu yang miring, seolah-olah ibarat roket yang dipandu oleh kepalanya, khususnya otak kanannya.

Dalam proses pencernaan, makanan secara rakus diolah oleh perut panjang dan disimpan pada otot putih dari tipe I sebagai tenaga anaerobik. Tenaga anaerobik ini memiliki kemampuan untuk melakukan sprint. Bergerak secara eksplosif namun kemudian cepat habis.

Pada tipe I dengan kemudi introvert (i), hal tersebut masih bisa didorong hingga mampu mencapai jarak menengah [sprinter jarak menengah], namun tetap tidak bisa digunakan untuk jarak jauh. Penggunaan untuk jarak jauh hanya mungkin jika memakai tenaga aerobik.

Itulah mengapa tipe I kurang suka main otot. Tipe ini tahu bahwa pada dirinya hanya tersedia lebih banyak otot putih dan kurang memiliki otot merah yang mengandung tenaga aerobik. Tipe ini lebih suka menggunakan kepala, namun jenis kepala sebelah kanan yang tidak membuat merengut seperti kepala sebelah kiri. Kepala kanan tipe ini justru lebih nyeleneh.


Sifat Khas

[Bab Sifat Khas menjelaskan tentang Personaliti tetap yang dapat diriset secara psikometrik serta Sisi positif yang perlu dibina dan Sisi negatif yang perlu diwaspadai.]
[Personaliti adalah sifat dan perilaku yang menjadi kekhasan tipe PG ini.]
[Sisi positif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Sisi negatif adalah sifat dan perilaku yang dipandang menjadi kelemahan tipe PG ini.]

Jika menggunakan sudut pandang dunia psikologi (aliran perilaku) kepribadian dari tipe Ii mesti memiliki sifat perilaku khas yang dapat dibuktikan dan diukur yang berbeda dari delapan kepribadian yang lain. Terdapat sepuluh item yang bisa dibuktikan keberadaannya dan bisa diukur secara psikometrik [psikometrik adalah teknik pengukuran mental dalam psikologi].

Menurut konsep STIFIn, kesepuluh item tersebut menjadi kepribadian tetap yang tidak akan berubah dan akan selalu eksis seiring dengan penambahan umurnya. Sepuluh (10) sifat yang tetap tersebut adalah: 
1. Learner [suka belajar, suka cari tahu]
2. Assertive [bersikap berani, kuat, dan percaya diri]
3. Perfectionist [ingin serba sempurna]
4. Scholar [terpelajar, intelek, cendekiawan]
5. Hard to please [sukar dipuaskan]
6. Proud [membanggakan dirinya]
7. Optimistic [melihat kemungkinan baik di masa depan]
8. Deep [pemikiran yang mendalam dan berbobot]
9. Insistent [bersikeras mempertahankan gagasan]
10. Capable selling [mampu menjual]
Catatan: Bahasa Inggris dipertahankan supaya definisinya tidak multitafsir.
Sebagai pribadi yang utuh, tipe Ii memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: berpikir positif namun sekaligus mengkhayal ala ‘time tunnel’ [terowongan waktu] seolah-olah semua bisa terjadi, menyenangkan sebagai mitra bisnis namun tidak suka bicara pribadi [tidak intim/akrab], percaya diri sangat tinggi namun memacu ‘mesin’nya [otak kreatifnya] terlalu cepat seolah tanpa rem. Selain itu, tipe ini terlihat atraktif [menarik] dan estetis [indah] namun terkadang melewati [melampaui] zamannya [penampilan berbeda dari orang banyak], mahir membuat konsep [pekerjaan hulu] dan sekaligus menguasai pekerjaan hilirnya namun menjadi terlalu masa bodoh dengan lingkungannya [asosial], terbuka dengan perbedaan pendapat namun tetap keras kepala dengan keyakinannya [gagasannya].

Oleh karena itu, tipe ini perlu waspada dengan kelemahannya dan berusaha mengeksploitasi kelebihannya. Biasanya jika kelebihannya bergerak membaik, maka secara otomatis kelemahan dari tipe ini akan tertutup dengan sendirinya.

Video penjelasan tentang Kepribadian orang tipe INTUITING:
https://www.youtube.com/watch?v=68HGfm1pt3U


Kelebihan

[Bab Kelebihan menjelaskan tentang Jenis Kecerdasan, Kelebihan, dan Tabiat terhadap uang.]
[Jenis Kecerdasan adalah bakat.]
[Kelebihan adalah cara bekerja yang menjadi keunggulan tipe PG ini.]
[Tabiat terhadap uang adalah perangai dalam menangani atau membelanjakan uang.]

Kepribadian dari tipe Ii ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan kreativitas dan intuisi yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan kreatif atau disebut CQ (Creativity Quotient) [Creativity Quotient adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang orisinal/asli dan unik/berbeda]. 

[Pelatihan bakat kreativitas (creativity quotient) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang dan berkreasi sesuatu yang orisinal dan unik. Bakat kreativitas bisa dilatih dengan menciptakan berbagai desain, kriya, fiksi, lagu, video, foto, dan lain sebagainya tanpa mencontoh.]

Tipe Ii memiliki kelebihan otomatis yang berfungsi dalam cara kerjanya yang terbiasa mencari kualitas. Kualitas tersebut diciptakan dari pangkal, sehingga membuat tipe Ii sangat getol mencari penemuan-penemuan atau penciptaan-penciptaan baru [invention adalah penemuan sesuatu yang baru dan sebelumnya belum pernah ada atau sebelumnya sudah pernah ada namun berbeda secara mendasar].  

Kelebihan tipe Ii justru terletak pada orientasinya untuk mengadakan sesuatu yang sebelumnya belum ada. Tipe ini mencari kepuasan. Jika karya ciptaannya kemudian diakui sebagai penemuan baru, maka hal tersebut menjadi kepuasan yang tak terhingga bagi tipe ini. Demikian juga tabiatnya terhadap uang, tipe Ii akan membelanjakan dan menginvestasikan uangnya untuk segala sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas dirinya atau karya ciptaannya, agar ia memperoleh kepuasan secara berkelas. 


Kemistri

[Bab Kemistri menjelaskan tentang Kemistri dan Klu Diri.]
[Kemistri adalah orientasi yang senantiasa mendasari tipe PG ini dalam berpikir.]
[Klu Diri adalah kiat untuk mencapai keberhasilan sesuai kemistri.]

Desain keberhasilan hidup seseorang dengan tipe Ii ditandai dengan kemampuan menjalankan program untuk menginkubasi ciptaannya. Tipe ini tidak pernah kehabisan ide karena radar vertikalnya diberi roket dari dalam. Secara umum, Mesin Kecerdasan Intuiting memiliki kemistri kata yang berupa ilmu dan gagasan. Bagi tipe ini, ilmu dan gagasan tersebut akan begitu mudah dimunculkan. Namun ide [gagasan] saja tidak cukup. Ide tersebut harus diterbangkan setinggi-tingginya.

Proses menerbangkan ide dimulai dengan cara mematangkan ide, lalu dibuatkan infrastruktur [pranata] untuk menerbangkan ide tersebut. Wujud konkret mematangkan ide dan mempersiapkan infrastrukturnya [pranatanya] yaitu, jika ide tersebut telah mewujud menjadi program dengan segala pranatanya. Semakin banyak program yang bisa digarap tipe Ii untuk merealisasikan mimpi dan gagasannya, tipe ini semakin menemukan jati dirinya. 

[Program adalah rancangan/desain dari gagasan yang perancangannya dibuat dengan cara ‘mematangkan’ gagasan. Pranata adalah segala sarana dan prasarana/infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan program yang sudah dirancang. Inkubasi adalah proses ‘menetaskan’ gagasan menjadi karya nyata.]


Peranan

[Bab Peranan menjelaskan tentang Peranan.]
[Peranan adalah peran yang sebaiknya dimiliki atau dilakukan oleh tipe PG ini ketika berada dalam suatu kelompok/organisasi.]

Dengan fungsi kepala kanan yang bagus, tipe I lebih menyukai pekerjaan-pekerjaan berkelas yang membutuhkan kualitas yang bersumber dari sumberdaya kreativitas yang dimilikinya. 

Jika digabungkan dengan kecerdasan yang berbasiskan indra keenam, maka fungsi kepala kanan akan membuat tipe I lebih menyukai pekerjaan-pekerjaan necis yang tidak kotor oleh keringat. Hal itu juga yang membuat tipe I memilih peran sebagai sutradara di belakang layar yang memberi ide dan inspirasi kepada para pemain yang berada di lapangan atau di panggung.  

Jika tipe I dikemudikan dari dalam -menjadi tipe Ii- akan muncul sifat ingin serba sempurna. Hal itu membuat tipe Ii menyukai peran sebagai seorang penggagas [initiator] yang menginisiasi (memulakan) pekerjaan dengan target melakukan perubahan [yang signifikan] atau memberi nilai tambah pada pekerjaannya. 

Secara umum, kemampuan menangkap bahasa langit atau memprediksi kejadian membuat tipe I berani mengambil risiko. Hal inilah yang membuat tipe ini sangat berminat menjadi pengusaha atau pebisnis yang sejatinya berani menghadapi risiko gagal.

[Peranan penggagas (initiator) bisa dilatih dengan cara mengusulkan suatu gagasan kepada kelompok, berinisiatif untuk melakukan pekerjaan tanpa menunggu perintah, menjadi pemrakarsa atas suatu kegiatan atau gerakan, menjadi pelopor/perintis atau trend-setter dalam suatu bidang, dsb.]


Target dan Harapan

[Bab Target dan Harapan menjelaskan tentang Target dan Harapan.]
[Target adalah sasaran yang ingin dicapai atau didapatkan oleh tipe PG ini.]
[Harapan adalah kegiatan yang ingin dilakukan oleh tipe PG ini untuk mencapai target atau ketika target sudah tercapai.]

Kesungguhan untuk menciptakan sesuatu yang baru menjadikan tipe Ii hanya akan puas jika menghasilkan sesuatu yang signifikan [significance] (berbeda secara nyata [atau secara mendasar]). Tipe ini berharap dapat selalu mencipta [creating] sesuatu yang baru sehingga pada akhirnya secara akumulatif, ia berhasil mengubah keadaan dirinya atau lingkungannya secara signifikan.


Arah Merek

[Bab Arah Merek menjelaskan tentang Arah Merek.]
[Arah Merek adalah citra diri yang sebaiknya diingat oleh orang banyak dari tipe PG ini.]

Dengan kemampuan untuk selalu mencipta, memberi nilai tambah, menghasilkan perubahan yang signifikan, dan menjaga kesempurnaan, tipe Ii memiliki merek yang melekat pada dirinya sebagai sosok yang memiliki kualitas kerja yang tinggi.

Tipe Ii tidak mementingkan kuantitas (volume) [banyaknya hasil kerja] tapi justru sangat mementingkan kualitas (menghasilkan marjin yang besar) [mutu hasil kerja]. Sehingga, kesungguhan untuk menjaga kualitas kerja menjadi jaminan bagi orang lain yang ingin bekerjasama dengan tipe ini.


Cara Belajar

[Bab Cara Belajar menjelaskan tentang Cara belajar dan Cara meningkatkan minat belajar.]
[Cara Belajar adalah cara yang sebaiknya dilakukan oleh tipe PG ini ketika belajar.]
[Cara meningkatkan minat belajar adalah cara untuk memotivasi tipe PG ini agar dia memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja.]
[Pada Bab ini, kami menambahkan penjelasan tentang Kalibrasi belajar, Penyakit belajar, Coach, dan Mentor.]

Dalam proses belajar, tipe Ii selalu berfokus untuk memahami konsep. Upaya memahami konsep tersebut tidak mudah, maka tipe ini perlu dibantu dengan ilustrasi, grafis, dan film [bukan teks], yang akan memudahkan baginya untuk memahami konsep dari setiap pelajaran. Selain itu, proses belajar dari tipe ini juga dapat ditransfer dari bahasa tubuh si pengajar [ekspresi nonverbal seperti gerakan tangan]. 

Tipe Ii akan menyukai dosen atau guru yang ekspresif dalam berkomunikasi baik dari aspek konten pilihan kata ataupun dari cara penyampaiannya. Konten pelajaran yang disukai tipe ini adalah konten yang dapat menggugah keingintahuan atau memberi inspirasi baru baginya. Tipe ini juga menyukai cerita-cerita petualangan yang fiktif karena hal itu akan membuka cakrawala fantasinya.

Pemberian motivasi bagi tipe Ii cukup dengan ditantang melihat masa depan yang lebih baik. Tipe Ii memiliki optimisme yang kuat dan juga keras kepala untuk memperjuangkan kemauannya. 

Dengan memvisualkan ‘big picture’ [gambaran besar] tentang masa depannya, maka akan lebih mudah bagi tipe ini untuk membangun sendiri rute keberhasilannya. Demikian pula dalam kegiatan belajar, tipe ini akan lahap membaca buku jika sudah melihat manfaat bagi dirinya.

[Kalibrasi belajar menjelaskan cara me-refresh pikiran untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul ketika kita sedang belajar dan bekerja. Dengan melakukan kalibrasi, pikiran akan kembali segar sehingga kita akan kembali bersemangat dan antusias dalam belajar dan bekerja. Tiap Kepribadian Genetik (PG) memiliki cara kalibrasinya sendiri yang efektif. Kalibrasi Belajar Intuiting introvert adalah ‘Tidur’. Yang dimaksud ‘Tidur’ adalah mengistirahatkan badan dan kesadaran. Pelaksanaan kalibrasi ‘Tidur’ dalam kegiatan belajar bisa dilakukan dengan cara menyisipkan kesempatan untuk tidur pada waktu jeda/istirahat, minimal tidur theta selama 15 menit. Atau, bisa juga tidur delta. Tidur theta adalah tidur yang tidak nyenyak dan masih bermimpi. Tidur delta adalah tidur lelap.]

[Penyakit belajar menjelaskan suatu proses dalam pikiran bawah sadar (unconscious mind) yang bisa menghambat kegiatan belajar dan bekerja. Kita mesti menyadari ketika penyakit belajar ini muncul. Penyakit Belajar Intuiting introvert adalah Proyeksi, artinya dia selalu membayangkan dirinya beberapa langkah di masa depan sehingga gagasannya keburu ‘terbang’ (berangan-angan) tanpa ada aksi nyata untuk mewujudkan gagasannya. Misal, tipe Ii akan membayangkan “Kalau saya mulai membuat kreasi saya sekarang, paling tidak bulan depan sudah bisa diluncurkan, lalu bisa diproduksi, laris di pasaran, menjadi terkenal, dst.”]

[Coach adalah guru yang diutamakan dan disukai oleh PG tertentu karena mendukung PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Coach yang cocok untuk tipe Intuiting introvert adalah tipe Insting.]

[Mentor adalah guru yang disegani oleh PG tertentu karena menaklukkan PG tersebut berdasarkan Teori Sirkulasi STIFIn. Mentor yang cocok untuk tipe Intuiting introvert adalah tipe Thinking extrovert. Jika tidak ada tipe Thinking extrovert maka boleh tipe Thinking introvert karena sama-sama MK Thinking.]


Pilihan Sekolah dan Profesi

[Bab Pilihan Sekolah dan Profesi menjelaskan tentang Prioritas pertama pilihan sekolah dan industri, Prioritas kedua pilihan profesi, dan Empat Kata Kunci.]
[Prioritas pertama pilihan jurusan dan industri merupakan pilihan bidang pendidikan dan pekerjaan yang sebaiknya diambil oleh tipe PG ini.] 
[Prioritas kedua pilihan profesi merupakan pilihan pekerjaan yang boleh diambil oleh tipe PG ini jika dia tidak memungkinkan mengambil prioritas pertama.]
[Empat Kata Kunci merupakan kriteria yang dipersyaratkan oleh suatu profesi sehingga menjadikan profesi tersebut cocok untuk tipe PG ini.]

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan atau profesi untuk tipe Ii sebaiknya diarahkan pada satu diantara empat pilihan industri berikut ini, yaitu: marketing [pemasaran]/periklanan, lifestyle [gaya hidup]/mode [desain kreatif], penerbangan, agroforestry.  

[Contoh profesi pada empat industri/bidang prioritas utama:]
[Marketing/Periklanan: salesman, kreatif iklan, copywriter]
[Lifestyle/Mode: desainer, composer, make up artist]
[Penerbangan: pilot, astronom, petugas ATC bandara, ahli BMKG]
[Agroforestry: ahli kehutanan, jagawana]

Selanjutnya pilihan lain [pilihan lain ini merupakan pilihan kedua/cadangan sehingga baru boleh dipilih jika kita tidak memungkinkan memilih prioritas utama] dari profesi yang sesuai untuk tipe Ii sebagai berikut: pengusaha/investor, bisnis pendidikan/pelatihan, penulis sastra, sinematrografi, detektif, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, fisikawan quantum, pencipta lagu, reengineering, proyeksi, peramal bisnis, pemain saham, investor, filsuf, pakar pembelajaran/pemodul, event organizer, produsen, disainer, ahli kreatif berbagai bidang, arsitek, sutradara, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, atlet (spinter/pertandingan), pelatih olahraga pertandingan, penyembuh, cenayang, dan lain-lain.

Di masa depan, pilihan profesi akan semakin beragam. Namun jika ingin memilih jurusan ataupun profesi patokan bagi tipe Ii adalah mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: mengarang, perut panjang, perubahan, dan murni.   

Artinya, jurusan atau profesi yang dipilihnya didominasi oleh unsur-unsur yang memerlukan kreativitas, mengandalkan tenaga anaerobik (karena perutnya panjang) yaitu tenaga tidak stabil yang melompat-lompat dan meledak-ledak, jenis jurusan atau profesi yang bernapaskan perubahan signifikan atau radikal, dan memiliki ciri mencuri kemurnian ide atau menerbangkan ide menjulang ke langit yang tinggi.

Video penjelasan tentang Program Studi (pendidikan) dan Profesi (pekerjaan) yang direkomendasikan untuk Intuiting introvert (Ii):
https://www.youtube.com/watch?v=V3qoIgGkkq8
____________________________________________

TAMBAHAN MATERI:

1. Cara berkomunikasi dengan orang INTUITING
Kata kunci: Bayangkan!
  1. Membayangkan: Orang Intuiting lebih mudah memahami informasi dengan membayangkan/berimajinasi.
  2. Gambarang Besar: Berikan perhatian lebih pada konsep atau gambaran besar. Bicarakan hal-hal besar dan strategis agar mereka tertarik pada pembicaraan.
  3. Masa Depan: Berikan perhatian lebih pada masa depan, bukan masa kini.
  4. Konsep: Jangan berikan hal-hal detail. Namun, sampaikan konsepnya (dasar, prinsip, pokok) agar mereka mudah mengingatnya. Jika terdapat pengecualian maka sampaikan di akhir.
  5. Teoritis: Orang Intuiting lebih perhatian pada teoritis/idealnya daripada realita/kenyataannya.
  6. Bahasa Kiasan: Gunakan bahasa kiasan, seperti Asosiasi, Metafora, Alegori, Simbolik.
  7. Hasrat: Berikan sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang tidak terlihat/tersembunyi agar rasa ingin tahunya muncul sehingga dia tertarik pada pembicaraan.
  8. Kemungkinan: Berikan sejumlah kemungkinan. Atau, minta mereka menciptakan kemungkinan beserta konsekuensinya. Lalu, bantu mereka untuk fokus memilih satu.
Video penjelasan dan contoh tips berbicara dengan Intuiting:

2. Ciri-ciri kepribadian orang Ii jika kelebihannya sudah muncul:
Heroik Kesempurnaan;
Pengejar Kualitas;
Pelaksana Berkelas;
Pakar Spesialis;
Perumus Intisari;
Penangan Terkonsep;
Mitra Paling Memesona;
Pengemas Estetik;
Penantang Tanpa Rem;
Pencari Mutu Terbaik.

3. Pelatihan Bakat
Masalah yang muncul saat pelatihan bakat: perfeksionis yang terlalu percaya diri
Solusi: proses penting dikencangkan (diperkuat), yang tidak penting dilonggarkan
Pelatih yang diutamakan karena mendukung Ii (coach): In
Pelatih yang disegani karena menaklukkan Ii (mentor): Te, jika tidak ada maka Ti

4. Habitat (lingkungan) yang mendukung pelatihan bakat
Habitat Alam: pohon besar-besar, temperatur agak dingin
Habitat Sosial: masyarakat kelas atas
Habitat Industri: industri lifestyle

5. Pasangan hidup yang paling cocok
Untuk wanita Ii, suami yang paling direkomendasikan adalah pria Fe, jika tidak ada Fe maka Fi;
Untuk pria Ii, istri yang paling direkomendasikan adalah wanita Insting.
__________________________________

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes STIFIn (lokasi tes, konsultasi hasil tes, dll.), silakan hubungi Saudara Erlangga melalui WhatsApp di nomor 0856 4591 8991 atau klik wa.me/6285645918991

2 comments:

  1. Owh saya Ii dan 98% yes tertera dalam yg diterangkan diatas,...wallahualambisawab

    ReplyDelete
  2. Bagaimana kalau suami isteri memiliki personality yang sama..kedua-duanya Ii? Bagaimana untuk mengatasi sekiranya ada konflik seperti perselisihan faham dan sebagainya?

    ReplyDelete